Sukses

Betis Buru Garcia

Beberapa jam sebelum bursa transfer ditutup, Real Betis bergegas memburu Sergio Garcia. Demi memperoleh penyerang yang termasuk dalam skuad Spanyol di Euro 2008 itu, Betis menyiapkan penawaran dengan fee sebesar 10,5 juta euro kepada Real Zaragoza.

Sebelum bursa transfer musim panas ditutup dalam beberapa jam, Real Betis bergegas ikut bermanuver. Manuver pamungkas Betis diharapkan bisa menghasilkan satu tambahan penyerang handal guna menghadapi bahtera La Liga Spanyol selama setahun ke depan.

Musim lalu prestasi Betis tidak bisa dibanggakan. Di klasemen akhir Verdiblancos—julukan Betis—hanya mampu menduduki peringkat ke-13 dengan raihan 47 poin. Perbaikan peringkat, serta ambisi tampil kembali di kancah Eropa merupakan harapan yang diusung klub sekota Sevilla ini.

Harapan itu semestinya didukung oleh kekuatan mumpuni. Khusus di barisan depan terdapat lubang yang menganga setelah ditinggal Rafael Sobis. Striker internasional Brasil itu memutuskan bergabung dengan klub Uni Emirat Arab, Al Jazeera. Satu penyerang yang diincar adalah Sergio Garcia, penyerang serba guna Real Zaragoza, klub yang musim lalu terpuruk ke segunda division.

Betis mengakui dari radio resmi klub bahwa sedang melakukan pembicaraan dengan Zaragoza. Demi memperoleh Garcia, Betis melayangkan penawaran dengan fee senilai delapan (8) juta euro atau Rp 108 miliar plus klausul tambahan 2,5 juta euro yang disesuaikan dengan performan Garcia.

“Transfer Sergio Garcia tidak tergantung dari keberhasilan menjual pemain lain,” kata Presiden Betis, manuel Luiz de Lopera seperti yang dikutip Reuters, Sabtu (30/08). Garcia, 25 tahun, merupakan salah satu mantan penghuni skuad Timnas Spanyol yang tampil juara di Euro 2008 lalu.

Pemanggilannya oleh Luis Aragones—pelatih Sapnyol ketika itu—menimbulkan pro dan kontra. Garcia yang tidak terlalu produktif mampu menyingkirkan penyerang veteran sekaligus kapten tim Real Madrid, Raul Gonzalez. Garcia yang sering dimainkan sebagai second-striker atau winger musim lalu mengemas empat gol bersama Zaragoza.

Menjelang akhir musim lalu penampilannya sangat bagus walau pada akhirnya tidak mampu menolong Zaragoza keluar dari belenggu jerat degradasi. Sampai saat ini ia masih menjadi salah satu koleksi striker mengkilat yang masih berada di Zaragoza. Dua lagi yakni Diego Milito dan Ewerthon. 

Sejauh ini Betis baru merekrut gelandang Turki, Mehmet Aurelio dari Fenerbahce, pemain internasional Kamerun, Achille Emana dari Toulouse dan defender Argentina, Luciano Fabian Monzon dari Boca Juniors. Sedangkan bursa ditutup Senin tengah malam, 1 September.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.