Sukses

5 Bintang Sepakbola Korban Ganas 'Virus' FIFA

Ada lima pemain bintang yang menjadi korban keganasan virus FIFA. Siapa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Pekan lalu, mayoritas Tim Nasional di Benua Eropa menjalani partai keempat babak Kualifikasi Piala Eropa 2016. Hal yang paling ditakutkan para pelatih di level klub terbukti menjadi kenyataan. Para pemain andalan mereka satu per-satu tumbang karena cedera ketika membela negara masing-masing. Para pelatih dibuat pusing dengan kondisi ini.

Namun, melalui program baru FIFA, Asuransi Perlindungan Pemain membuat pelatih di klub bisa bernapas lega. Pemain yang mengalami cedera lebih dari 28 hari di partai internasional sesuai kalendar FIFA akan mendapatkan ganti rugi.

Siapa pemain yang cedera alias terkena  virus FIFA? berikut 5 korbannya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Luka Modric (Real Madrid)

1. Luka Modric (Real Madrid)

Modric terpincang-pincang sebelum menit 30 pada pertandingan kualifikasi Grup H Piala Eropa 2016 di San Siro akhir pekan lalu. Mantan penggawa Tottenham Hotspur itu akhirnya digantikan gelandang Inter Milan, Mateo Kovacic.

Senin (17/11/2014), Real Madrid mengonfirmasi Modric mengalami robek otot paha. Akibat cedera itu, pemain berusia 29 tahun itu harus absen selama tiga sampai empat bulan. Real Madrid akan menerima ganti rugi dari FIFA sebesar kurang lebih 1,6 juta euro (Rp 24 miliar). Berkaca dari cedera yang Modric alami, sang pemain bisa jadi harus baik meja operasi.

Usai operasi, Modric diharuskan beristirahat selama dua bulan. Dengan demikian, besarnya kompensasi yang harus dibayar FIFA berdasarkan Program Asuransi Perlindungan Pemain mereka kepada Madrid bisa saja bertambah.

Kehilangan Modric tentunya menjadi kerugian besar bagi Madrid. Pasalnya, peran Modric sangat dibutuhkan di lini tengah Madrid sebagai penyeimbang permainan. Mantan pemain Dinamo Zagreb itu musim ini sudah 17 kali main dan mencetak satu gol.

Selanjutnya>> 

3 dari 6 halaman

Manuel Neuer (Bayern Muenchen)

2. Manuel Neuer (Bayern Muenchen)

Neuer absen ketika timnas Jerman berhadapan dengan Spanyol, Selasa (18/11/2014) lalu. Penjaga gawang berusia 28 tahun itu mendapatkan masalah pada lututnya. Beruntun, itu bukan cedera parah. Neuer bisa menuntaskan sesi latihan pada Rabu (19/11/2014) tanpa keluhan.

Kondisi ini membuat Neuer diprediksi siap mengawal gawang Bayern pada laga lanjutan Bundesliga melawan Hoffenheim, Sabtu (22/11/2014) nanti. Bugarnya Neuer tentu melegakan pelatih Bayern, Pep Guardiola. Sebelumnya, Guardiola sudah kehilangan kiper kedua, Pepe Reina, dan kiper ketiga, Tom Starke. Reina mengalami cedera betis, sedangkan Starke bermasalah dengan engkelnya.

Siapa lagi korban berikutnya...

4 dari 6 halaman

David De Gea (Manchester United)

3. David De Gea (Manchester United)

De Gea mengalami cedera di bagian tangannya. Cederanya tersebut ia dapatkan saat berlatih dengan Timnas Spanyol jelang laga melawan Jerman, Selasa (18/11/2014) lalu. 

Cederanya De Gea tentunya membuat pelatih Manchester United, Louis van Gaal, pusing tujuh keliling. Pasalnya, akhir pekan ini MU bersua lawan tangguh Arsenal dan MU sudah kehilangan 12 pemain. Namun, kabar terbaru menyatakan De Gea akan tetap dimainkan pada laga nanti. Proses penyembuhan mantan penjaga gawan Atletico Madrid itu sudah mencapai 80 persen.

Bukan hanya De Gea, rekan satu timnya pun terjangkit virus FIFA, siapa dia? Selanjutnya>>

5 dari 6 halaman

Daley Blind (Manchester United)

4. Daley Blind (Manchester United)

Daley Blind, harus terkapar cedera kala membela De Oranje saat membantai Latvia 6-0, Senin (17/11) dini hari WIB. Pemain berusia 24 tahun itu mengalami sobek otot ligamen dan diprediksi bakal absen cukup lama hingga enam pekan.

Cedera tersebut membuat Blind sedih bukan kepayang. Namun, pemain asal Belanda itu bertekad sembuh dengan cepat dan kembali lebih kuat lagi. Absennya Blind menambah panjang daftar cedera para pemain Manchester United. Hingga kini, tercatat 12 pemain MU mengalami cedera. Padahal, Setan Merah harus menghadapi Arsenal akhir pekan ini.

Dan pemain Napoli melengkapi daftar pemain yang terkena virus FIFA

6 dari 6 halaman

Dries Mertens (Napoli)

5. Dries Mertens (Napoli)

Mertens mengalami gegar otak saat membela tim nasional Belgia melawan Wales dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016 akhir pekan kemarin. 

Mertens berbenturan kepala dengan George Williams saat keduanya berebut bola di udara. Akibat kejadian tersebut, mantan pemain PSV itu sempat jatuh pingsan beberapa saat sebelum akhirnya ia siuman. 

Bahkan pertadingan tersebut sempat diberhentikan beberapa saat akibat kejadian itu. Hingga kini belum diketahui kelanjutan proses pemeriksaan sang pemain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini