Sukses

Kisah Manis Indonesia Permalukan Vietnam di Hanoi 10 Tahun Lalu

Di ajang Piala AFF, Indonesia dan Vietnam sudah enam kali bertemu. Vietnam baru satu kali menang melawan Tim Garuda.

Liputan6.com, Hanoi - Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam di laga perdana Grup A Piala AFF. Pemenang dari laga ini diperkirakan bakal melaju dengan mudah dari babak penyisihan grup.

Duel Vietnam vs Indonesia akan digelar di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Sabtu (22/11/2014).

Kedua tim tentu sudah mengenal permainan calon lawan masing-masing. Apalagi Pelatih Indonesia, Alfred Riedl, sudah tak asing lagi dengan sepak bola Vietnam. Sebab, pelatih asal Austria itu pernah menangani Vietnam cukup lama.

Di ajang Piala AFF, Indonesia dan Vietnam sudah enam kali bertemu. Vietnam baru satu kali menang melawan Tim Garuda. Sementara Tim Merah Putih menang dua kali. Tiga laga lainnya berakhir dengan hasil imbang.

Pada Piala AFF 1996, yang saat itu masih bernama Piala Tiger, Indonesia berhadapan dengan Vietnam di penyisihan Grup A. Pada laga yang digelar di Jurong Stadium, Singapura, kedua tim bermain imbang 1-1.

Kala itu, gol dari Kurniawan Dwi Yulianto mampu dibalas Vo Hoang Buu. Pertandingan berakhir imbang 1-1.

Selanjutnya >>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dramatis


Di ajang yang sama, kedua tim kembali bertemu di perebutan tempat ketiga. Saat bertanding di National Stadium, Singapura, pada 15 September 1996, Vietnam menang 3-2.

Vietnam mampu unggul 2-0 di babak pertama melalui gol dari Huyn Quoc Cuong dan gol bunuh diri Yeyen Tumena. Sementara Indonesia memperkecil ketertinggalan melalui Kurniawan Dwi Yulianto.

Namun Vietnam menjauh lewat penalti Vo Hoang Buu. Gol hiburan Indonesia dicetak Aples Tecuari lima menit jelang laga berakhir. Skor 3-2 untuk kemenangan Vietnam.

Empat tahun kemudian, Indonesia berhasil membalas kekalahan di Singapura. Dalam Piala AFF 2000 di Thailand, kedua tim bertemu di partai semifinal.

Indonesia sempat tertinggal satu gol di babak pertama. Namun, di babak kedua, Indonesia membalas dan unggul melalui gol dari Gendut Doni dan Seto Nurdiyantoro. Namuun, kemenangan Indonesia yang sudah di depan mata kandas saat Vu Cong Tuyen menjebol gawang Indonesia di injury time.

Gol kemenangan Indonesia dicetak Gendut Doni di babak perpanjangan waktu. Skor 3-2 ini bertahan hingga pertandingan usai.

Kedua tim kembali bermain imbang saat perhelatan Piala AFF 2002 yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Budi Sudarsono sempat membawa Indonesia unggul lewat golnya di menit 12. Namun, Vietnam sempat unggul 2-1 melalui Phan Van Tai Em dan Le Huynh Duc.

Penyerang Zaenal Arif menjadi pahlawan bagi Indonesia saat menjebol gawang Vietnam di menit 83.

3 dari 3 halaman

Kemenangan Besar di Hanoi


Kemenangan besar Indonesia atas Vietnam terjadi saat kedua tim bertemu pada Piala AFF 2004 yang digelar di Hanoi. Tim Merah Putih memberondong gawang Vietnam tiga kali.

Tiga gol Timnas dicetak Mauly Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jayakesuma. Ini menjadi skor kemenangan terbesar Indonesia atas Vietnam. Uniknya kemenangan ini terjadi di kandang Vietnam.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi di National Stadium, Singapura, pada 15 Januari 2007. Saat itu, Indonesia dan Vietnam bertemu di babak penyisihan grup.

Kedua tim kembali bermain imbang 1-1. Dua gol yang tercipta dicetak oleh pemain Indonesia. Gol pertama dicetak Supardi yang mencetak gol bunuh diri. Indonesia mampu mengimbangi Vietnam saat Saktiawan Sinaga mampu mencetak gol di masa injury time.

Kini di pertemuan ke-7 di Piala AFF, mampukah Indonesia mengulangi sukses saat menjungkalkan Vietnam di kandangnya, seperti yang terjadi pada 2004? Kita tunggu saja.


Baca Juga:
Head to head: Indonesia Ungguli Vietnam
Uniknya Loket Tiket Piala AFF di Vietnam: Pakai Gerobak
Ahok-Ridwan Kamil Prakarsai Perdamaian The Jak-Viking

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini