Sukses

5 Kandidat Penjaga Gawang Terbaik Dunia

Courtois, Neuer, Buffon, Bravo, dan Casillas berpeluang besar meraih gelar penjaga gawang terbaik dunia 2014.

Liputan6.com - FIFA akhirnya merilis daftar penjaga gawang terbaik dunia 2014. Dari banyak nama, terpilih lima pemain yang berpeluang besar mendapatkan gelar membanggakan tersebut.

Kelimanya terpilih setelah tampil brilian di sepanjang tahun 2014. Pengumuman pemenang nantinya akan diumumkan bersamaan dengan penyerahan trofi Ballon d'Or 12 Januari 2015 mendatang.

Berikut, lima kiper terbaik dunia versi FIFA:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manuel Neuer

1. Manuel Neuer (Jerman - Bayern Muenchen)
Pemain Bayern Muenchen, Manuel Neuer kembali terpilih sebagai calon kiper terbaik dunia. Aksinya di bawah mistar gawang baik saat bersama Muenchen atau Timnas Jerman patut diacungi dua jempol.

Di semua ajang musim 2013/2014, gawang Muenchen yang dikawal Neuer hanya kebobolan 31 gol. Sementara di Piala Dunia bersama Timnas Jerman, ia hanya kejebolan empat gol dan atas prestasinya itu Neuer diberikan penghargaan Sarung Tangan Emas atau Golden Gloves Award 2014.

Tak hanya itu, prestasi sang pemain dilengkapi dengan gelar juara dunia yang didapat negaranya. Berkat kesuksesannya tersebut, Neuer kini menjelma sebagai salah satu kiper dengan gaji terbesar di dunia.

3 dari 6 halaman

Claudio Bravo

2. Claudio Bravo (Chile - Barcelona)
Tak ada yang menduga kalau Claudio Bravo masuk ke jajaran calon penjaga gawang terbaik dunia. Penampilannya bersama Timnas Chile di Piala Dunia 2014 lalu melambungkan namanya hingga ia direkrut Barcelona pada bursa transfer musim panas lalu.

Bersama Barca di ajang La Liga, Bravo baru kebobolan enam gol. Meski begitu ia berhasil mengukir rekor sebagai kiper Los Blaugrana yang tidak kebobolan sebanyak delapan pertandingan.

4 dari 6 halaman

Thibaut Courtois

3. Thibaut Courtois (Belgia/Chelsea)
Chelsea bagaikan memetik buah yang sudah matang saat membawa pulang Thibaut Courtois dari Atletico Madrid. Setelah tiga musim membela Atletico dengan status pinjaman, Courtois menjelma jadi salah satu penjaga gawang terbaik di dunia.

Berkat ketangguhannya di bawah mistar gawang, Atletico sukses meraih banyak gelar dalam tiga musim terakhir. Bersama Los Rojiblancos, pemain asal Belgia itu merasakan gelar juara La Liga, Copa del Rey, piala Liga Europa, dan Piala Super Eropa.

5 dari 6 halaman

Iker Casillas

4. Iker Casillas (Spanyol - Real Madrid)
Banyak yang menyebut karier Iker Casillas sudah habis. Namun pemain berusia 33 tahun itu membungkam anggapan publik saat membawa Real Madrid juara Liga Champions di musim 2013/2014.

Pada ajang tersebut, Casillas hanya kebobolan delapan gol. Namun prestasinya tak mengikut ketika ia membela tim nasional Spanyol di Piala Dunia 2014.

Gawang Spanyol yang dikawal Casillas kejebolan tujuh gol. Parahnya, tujuh gol tersebut terjadi hanya dalam dua pertandingan.

6 dari 6 halaman

Gianluigi Buffon

5. Gianluigi Buffon (Italia - Juventus)
Penjaga gawang veteran asal Italia ini masih tampil cemerlang bersama Juventus. Tiga musim berturut-turut, Juve selalu menjadi tim yang paling sedikit kebobolan di Liga Italia Serie A.

Meski usianya sudah 36 tahun, ia belum tergantikan dari posisi penjaga gawang utama tim nasional Italia. Buffon sepertinya masih bisa tampil di Piala Eropa 2016 dan saat itu usianya sudah menginjak 38 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini