Sukses

"Indonesia Terpuruk Karena Persiapan Tak Serius"

Jika mau lolos ke semifinal, Indonesia harus menang 7-0 atas Laos dan berharap Vietnam kalah dari Filipina di laga terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia berada di ujung tanduk pada pegelaran Piala AFF 2014. Tim Garuda (sebutan Timnas) berada di posisi ketiga dari dua pertandingan, tertinggal tiga poin dari tuan rumah Vietnam yang menempati urutan kedua.

Selasa (25/11/2014) sore WIB, Firman Utina dan kawan-kawan menelan kekalahan memalukan 0-4 dari tim yang tengah berkembang, Filipina. Sementara di pertandingan lainnya, Vietnam berhasil mempecundangi Laos dengan skor 3-0.

Hasil tersebut membuat peluang Indonesia untuk lolos ke babak semifinal menipis. Pasalnya, Indonesia harus menang minimal 7-0 atas Laos di pertandingan lain sambil berharap Vietnam kalah dari Filipina.

Pengamat sepak bola nasional, Bambang Nurdiansyah memberikan penilaiannya terhadap dua pertandingan Tim Garuda. Menurutnya, pelatih Alfred Riedl tidak maksimal dalam menangani tim yang dipersiapkan untuk meraih gelar juara Piala AFF 2014.

"Persiapan Indonesia tidak serius. Riedl tidak maksimal mempersiapkan Timnas karena pemainnya terlalu sibuk bersama klubnya masing-masing," tutur pria yang akrab disapa Banur tersebut saat dihubungi Liputan6.com.

Bersambung ke halaman selanjutnya ------>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemain Kelelahan

Pemain Kelelahan

Banyaknya pemain Timnas Indonesia yang berlaga di babak delapan besar hingga partai final Liga Super Indonesia menjadi penyebab utama buruknya performa skuat Garuda. Banur menilai banyak pemain yang kekelahan.

"Pada laga melawan Vietnam hasilnya memang tidak terlalu buruk, tapi permainannya kurang memuaskan. Timnas Indonesia bisa meraih hasil imbang 2-2 karena masih memiliki tenaga," pria berusia 55 tahun tersebut menuturkan.

"Tapi ketika di pertandingan kedua mereka sudah kelelahan. Fisik dan mental pemain belum kembali sepenuhnya setelah kompetisi di babak delapan besar, semifinal dan final ISL," Banur menambahkan penjelasannya.

Masih kata Banur, dia tidak menyalahkan para pemain atas hasil buruk yang terjadi di Hanoi, Vietnam. Dia mengajak semua pengurus PSSI melakukan evaluasi besar-besaran.

"Saya tidak mau menyalahkan siapa-siapa. Semua harus dievaluasi, mulai dari PSSI, pelatih hingga kompetisinya," tutup mantan pemain Timnas Indonesia di tahun 1980 hingga 1990 itu.

Baca juga:

5 Petenis Cantik Berbadan Seksi

Kalah Telak dari Filipina, Riedl Isyaratkan Mundur dari Timnas

Kalah Telak dari Filipina, La Nyalla Minta Maaf

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini