Sukses

Cerita 2 Mahasiswa Indonesia Menuntut Ilmu di Negeri Paman Ho

Dua mahasiswi Indonesia hadir menyaksikan pertandingan Filipina vs Indonesia

Liputan6.com, Hanoi - Ada pemandangan menarik di laga Indonesia melawan Filipina di babak penyisihan grup AFF 2014. Dua mahasiswi Indonesia hadir menyaksikan pertandingan yang berkesudahan 4-0 untuk kemenangan Filipina di My Dinh National Stadium.

Dengan atribut Timnas Indonesia seperti bendera dan jersey Merah Putih, kedua remaja itu tidak lelah bersorak memberikan dukungan. Terkadang mereka duduk, diam, lalu berteriak kencang ketika Firman Utina dan kawan-kawan mendapat peluang. Sayang, hingga akhir pertandingan tidak ada peluang yang berbuah gol.

Dua mahasiswi itu adalah Rahayu Harum dan Possy Freshya. Mereka mahasiswi yang mendapat beasiswa menuntut ilmu di Vietnam. Rahayu berasal dari Ciracas, Jakarta Timur dan Possy asli Palembang.

Mereka berangkat ke My Dinh Stadiun dari Kedutaan Besar Vietnam bersama dengan puluhan warga Indonesia yang tinggal di Vietnam.

Rahayu kini menempuh pendidikan jurusan ortopedi di Universitas Nasional Vietnam, Hanoi. "Saya apply beasiswa di Belanda dan lolos. Namun ditempatkan di Vietnam,"  ujar fans Arsenal itu. "Saya sudah empat bulan di sini. Februari nanti saya kembali ke Indonesia," sambung wanita berambut panjang itu.

"Saya sempat punya pacar orang asli Vietnam, tapi sekarang sudah putus," kata dia membuka kisah asmara di Vietnam

Sedangkan, Possy terpilih dalam program  pertukaran mahasiswa dari Universitas Sriwijaya dengan Agricultural University of Vietnam. "Kendala selama menempuh pendidikan di Vietnam adalah bahasa. Terkadang dosen memberikan kuliah dengan bahasa Vietnam."

Selama berada di Vietnam, Possy bergabung dengan organisasi ekspatriat. "Jadi tidak ada kendala adaptasi selama berada di Vietnam. Tiap akhir pekan kami mengikuti organisasi. Kami belajar memasak dan saling mempelajari budaya masing-masing."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.