Sukses

5 Fakta Unik Lionel Messi

Beragam fakta unik yang mungkin belum Anda ketahui dari Lionel Messi.

Liputan6.com, Jakarta - Anda tentu mengenal sosok Lionel Messi. Pesepakbola asal Argentina itu memang sukses mencuri perhatian para pecinta sepak bola dalam satu dekade terakhir.

Messi bergabung dengan tim senior Barcelona pada 2004 dan sudah mencetak banyak rekor hingga kini. Gelar Liga Spanyol, Liga Champions, hingga pemain terbaik dunia sudah ia raih berulang kali.

Akan tetapi tahukah Anda, Messi juga memiliki hal-hal unik bahkan yang tidak terduga. Untuk lebih jelasnya, Liputan6.com telah merangkum lima fakta Messi.

Berikut 5 fakta menarik Lionel Messi: (Berlanjut ke halaman selanjutnya)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Julukan La Pulga

1. Berjuluk La Pulga (Si Kutu)

Lionel Messi dikenal sebagai sosok pemain yang lincah saat mengacak-ngacak pertahanan lawan. Pasalnya ia memiliki tubuh yang relatif kecil dibandingkan pesepakbola lainnya.

Pria asal Argentina ini juga mendapat julukan La Pulga yang berarti Si Kutu. Panggilan ini diberikan sang kakak, Rodrigo, yang menilainya sebagai sosok yang sangat kecil.

Namun dengan tubuh kecilnya, Messi mampu bersaing dengan para bintang lapangan hijau lainnya. Bahkan ia menjadi salah satu yang terbaik dari semua pemain sepak bola lainnya hingga saat ini.

3 dari 6 halaman

Timnas Spanyol

2. Messi hampir memperkuat Timnas Spanyol.

Pesona Messi bersama Barcelona membuat tim nasional Spanyol ingin menggunakan jasanya. Ia pun sempat ditawarkan bermain bersama Timnas Spanyol U-20 pada 2004 lalu.

Namun Messi menolak tawaran itu karena ingin membela negaranya, Argentina. Hasilnya pada 2005, Messi sukses membawa Tim Tango menjuarai Piala Dunia U-20.

4 dari 6 halaman

Kontrak Pertama

3. Menandatangani kontrak di atas serbet

Sejak kecil, Lionel Messi sudah menjalani masa percobaan bersama klub-klub Argentina. Tapi Messi yang saat itu mengalami gangguan hormon membuat klub-klub elite seperti River Plate mundur dari perburuan.

Pasalnya saat itu Messi sangat membutuhkan uang untuk perekonomian keluarganya dan perawatan dirinya yang mengalami masalah hormon. Secara mengejutkan, Direktur Olahraga Barca, Carles Rexach ingin melihat bakat pria asal Argentina itu.

Rexach yang sudah melihat Messi secara langsung langsung tertarik dan ia ingin segera menawarkan kontrak pada Messi. Namun saat itu Rexach tidak memegang kertas resmi untuk membuat kontrak kesepakatan. Akibatnya ia pun menggunakan serbet yang ada di dekatnya untuk meminta tanda tangan kesepakatan Messi.

Blaugrana menawarkan Messi dengan pembayaran medis asalkan ia ingin pindah ke Spanyol. Messi dan ayahnya pun pindah ke Barcelona sejak hari itu.

5 dari 6 halaman

Keturunan Eropa

4. Punya darah Italia

Selama ini, Lionel Messi lekat dengan Argentina. Ia sudah membuktikan kecintaannya pada Tim Tango sejak muda.

Namun ternyata kakek buyut Messi, Angelo Messi, adalah orang yang berasal dari Italia. Saat itu Angelo tiba di Argentina pada 1883 usai meninggalkan kota Ancona, Italia untuk mencari masa depan yang lebih baik.

6 dari 6 halaman

Yayasan Amal

5. Punya yayasan amal pribadi

Sebagai pesepakbola sukses, Lionel Messi tak luput dari kegiatan lainnya di luar sepak bola. Salah satunya adalah aksi sosialnya.

Pasalnya sangat penting bagi seorang bintang lapangan hijau untuk mencari perhatian publik dengan aksi sosial. Di samping itu, pundi-pundi keuangan Messi juga sudah jauh di atas rata-rata pesepakbola kebanyakkan.

Untuk menyumbangkan sebagian dari hasil jerih payahnya, Messi pun membangun 'Fundacion Leo Messi' pada 2010 lalu. Yayasan ini bergerak untuk membantu anak-anak di Argentina yang kesulitan mendapat layanan kesehatan di negaranya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Messi