Sukses

Mourinho Kritik Regulasi Gaji Pemain Buatan UEFA

Mourinho menilai Chelsea merupakan "kuda kecil" yang siap bersaing.

Liputan6.com, London - Manajer Chelsea, Jose Mourinho mengklaim peraturan Aturan Finansial UEFA (FFP) membatasi klub besar Eropa. Sehingga banyak pemain besar yang tak bisa berlabuh ke klub yang diinginkannya.

Mantan arsitek Real Madrid ini menilai kalau aturan yang dibuat UEFA itu hanya menguntungkan klub yang mempunyai sejarah dan dana kuat. Seperti Real Madrid dan juga Barcelona.

"Saya pikir FFP bertentangan dalam sepak bola. Sebab seharusnya FFP menempatkan semua klub dalam kondisi yang sama untuk bersaing," ujar Mourinho tegas seperti dilansir Euro Sport.

"Tapi apa yang terjadi benar-benar dengan FFP adalah perlindungan besar untuk sejarah, klub-klub besar, yang memiliki struktur keuangan, struktur komersial, segala sesuatu di tempat berdasarkan keberhasilan sejarah selama bertahun-tahun," imbuhnya.

Beberapa musim ini konglomerat telah berbondong-bondong mengambil alih klub yang belum mempunyai tradisi masa lalu seperti Chelsea, Paris Saint-Germain (PSG) dan Zenit St Petersburg. Sayangnya beberapa klub di atas malah tak bisa memboyong pemain bintang incaran akibat regulasi itu meski dana segar siap dikucurkan oleh sang pemilik.

"Klub seperti itu, saya menyebutnya klub 'baru', orang-orang dengan investasi baru mereka tidak bisa menempatkan diri dengan cepat pada tingkat yang sama. Klub dengan pemilik baru tidak bisa langsung menyerang kontrol dan dominasi klub-klub besar," ujarnya.

Pelatih asal Portugal itu mengibaratkan Chelsea merupakan "kuda kecil" yang siap berjuang menuju puncak. Walaupun ia sadar klub asal London Barat tersebut belum cukup kuat untuk bersaing dengan tim besar lainnya.

"Chelsea belum memiliki sejarah klub besar. Ini adalah klub dengan pemilik yang telah lebih dari 10 tahun mendonasikan dananya, saya pikir kami bisa menjadi klub besar," pungkasnya.

Baca Juga:

Tahun Depan Liverpool Berikan Gerrard Kontrak Baru

Tersingkir dari Piala AFF, Indonesia Huni Peringkat 157 Dunia

6 Pesepakbola Hobi Pamerkan Sang Buah Hati di Stadion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona