Sukses

Kilas Balik Perjalanan Indonesia U-16

Tim nasional Indonesia U-16 akan menghadapi dua laga persahabatan melawan tim Vietnam U-16, sore ini (3/12)

Liputan6.com, Jakarta - Tim nasional Indonesia U-16 akan melakoni dua laga persahabatan melawan tim Vietnam U-16, sore ini (3/12) dan timnas Singapura pada 8 Desember mendatang.

Menghadapi tim-tim besar, anak-anak asuhan Fachri Husaini bakal termotivasi karena bermain di kandang sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Sang pelatih tentu berharap, pertandingan uji coba internasional ini dapat memperkaya pengalaman dan menambah motivasi sebagian besar anggota skuat Tunas Garuda ini, terutama karena mereka baru pertama kali menginjakkan kaki di GBK.

Selain itu, dua laga yang disiarkan eksklusif oleh SCTV tersebut bakal menjadi tolak ukur kualitas skuat bayangan timnas untuk dibawa ke Piala AFF 2015 di Sidoarjo. Fachri tentu mematok target tinggi untuk turnamen ini, mengingat pencapaian timnas U-16 tahun lalu di Myanmar.

Piala AFF U-16 2013 digelar di Myanmar pada 20 Agustus hingga 2 September 2013. Kala itu, Indonesia berhasil menembus partai final dengan melawan Malaysia di Wunna Theikdi Stadium, Naypyidaw.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fase Penyisihan Grup

Indonesia U-16 berada di Grup B bersama Malaysia, Singapura, Laos, dan Filipina. Sedangkan Grup A dihuni oleh tuan rumah Myanmar, Vietnam, Kamboja, Brunei Darussalam, dan negara undangan AFF, Australia.

Perjalanan Tunas Garuda yang kala itu dilatih oleh mantan pelatih Persikota, Sutan Harharah, begitu memuaskan dengan memegang rekor tak terkalahkan. Kemenangan terbesar Gatot Wahyuni dkk di Myanmar terjadi pada laga pembuka dengan menekuk Laos dengan skor 4-0.

Dari empat laga di fase grup, Indonesia mengantongi dua kemenangan dan sisanya berakhir imbang dengan negara serumpun, kontra Singapura (1-1) dan Malaysia (0-0).

3 dari 4 halaman

Fase Knockout

Sebagai runner-up Grup B di bawah Malaysia, Indonesia berhadapan dengan juara Grup A Australia di babak semifinal Piala AFF U-16. Drama adu penalti harus mewarnai laga ini karena gelandang Reksa Maulana berhasil membuat skor menjadi imbang 2-2, sepuluh menit jelang laga bubar.

Melawan tim dari Negeri Kanguru tersebut, Indonesia berhasil lolos dengan hasil akhir 5-4 dan menantang Malaysia yang baru menang tipis 1-0 atas Vietnam di Wunna Theikdi Stadium, sesaat usai laga Australia vs Indonesia digelar.

4 dari 4 halaman

Final Piala AFF U-16 2013

Persaingan sengit Indonesia dan Malaysia ternyata tak hanya ada di level senior. Di level U-16, Indonesia gagal mengangkat mahkota juara Piala AFF karena harus meladeni Harimau Malaya hingga babak adu penalti.

Pada 2x45 menit waktu normal, striker Gatot Wahyuni sempat membuat Indonesia unggul 1-0 pada menit 28. Namun, gol lambat Malaysia justru terjadi pada menit ke 89 lewat titik putih. Skor menjadi imbang 1-1 dan pada akhirnya Tunas Garuda menyerah 2-3 di babak adu penalti.

Malaysia keluar sebagai juara untuk pertama kalinya di Piala AFF U-16 edisi ke-9 ini. Sedangkan Australia, berhasil memenangi perebutan tempat ketiga usai mengalahkan Vietnam 7-6 (adu penalti).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.