Sukses

3 Faktor yang Harus Diperbaiki Timnas Indonesia

Pertama adalah hal-hal jangka pendek seperti fisik, mental dan performa individu.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia mengalami kegagalan di Piala AFF 2014 Vietnam. Tentunya ini menjadi pukulan berat bagi pecinta sepak bola tanah air.

PSSI bersama BTN memanggil Pelatih Alfred Riedl untuk melakukan rapat evaluasi membahas faktor apa yang menyebabkan timnas gagal lolos di ajang sepak bola terbesar Asia Tenggara itu, Rabu (3/12/2014).

Sekjen PSSI, Joko Driyono, menjelaskan dari hasil rapat evaluasi itu ada tiga faktor yang harus dibenahi. Pertama adalah hal-hal jangka pendek seperti fisik, mental dan performa individu.

"Anak-anak yang bermain dengan seluruh potensinya dan posisi kita ada dimana di level Asia Tenggara ini," kata Joko.

Persiapan tidak maksimal merupakan faktor kedua yang dibicarakan saat rapat evaluasi ini. Jadwal kompetisi padat mempengaruhi penampilan pemain di Vietnam.

"Coach Alfred telah melakukan highlight mengenai hal ini. Ia menilai persiapan yang dilakukan pada Piala AFF ini kurang maksimal. Walaupun sudah ada upaya dilakukannya," imbuhnya.

Faktor yang ketiga atau terakhir adalah kurangnya regenerasi dalam tubuh timnas kita. Beberapa pemain yang ikut dalam Piala AFF 2014 sudah tidak muda lagi.

"Mayoritas pemain merupakan muka lama, bahkan ada beberapa pemain yang pernah mengikuti Piala AFF 2010 lalu. Berarti timnas kita kurang ada penyegaran," pungkasnya.

Ketiga faktor itu merupakan fokus PSSI untuk dibenahi ke depannya. Ini dilakukan sebagai upaya perbaikan kualitas jangka panjang.

Baca Juga

5 Pemain ISL Memilih Hijrah ke Negeri Jiran

Madrid Rela Lepas Benzema ke Inggris, Asalkan....

Ferdinand Hengkang dari Persib, Ridwan Kamil: Sakitnya di Sini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.