Sukses

Kemenpora Minta PSSI Lakukan Laporan Keuangan Terbuka

"PSSI, berubahlah! PSSI, terbukalah!."

Liputan6.com, Jakarta - Kemenetrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendukung putusan Komisi Informasi Publik (KIP) yang memerintahkan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), membuka secara transparan mengenai laporan keuangannya.

KIP mengeluarkan putusan itu setelah Forum Diskusi Suporter Indonesia (FDSI) sebagai pemohon, meminta PSSI sebagai termohon untuk membuka beberapa hal. Salah satunya adalah nilai kontrak antara PSSI dengan Stasiun Televisi untuk hak siar timnas U-19 selama gelaran Piala AFF U-19 tahun 2013 lalu.

"Sebagai badan publik nonpemerintah PSSI diperintahkan untuk membuka laporan keuangannya kepada masyarakat," tulis @KEMENPORA_RI yang merupakan resmi twitter Kemenpora.

Putusan dari KIP tersebut merupakan titik awal untuk melakukan reformasi ditubuh sepak bola di Indonesia. Transparansi merupakan pintu masuk bagi perbaikan tata kelola sepak bola di negara tercinta kita ini.

"Siapa yang tidak transparan, sudah pasti layak dicurigai. Ini hukum alam di iklim demokrasi. Keputusan KIP sejalan dengan dengan keinginan publik agar segala sesuatu hal yang berkaitan dengan sepakbola berubah menjadi lebih baik," tambah akun twitter Kemenpora.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka Diri

Walaupun PSSI masih bisa melakukan banding terkait putusan tersebut, tetapi Kemenpora meminta induk sepak bola Indonesia itu merespon putusan itu dengan baik.

"Desakan publik begitu luar biasa supaya PSSI berbenah total. Jangan jadi institusi yang tertutup, kebal terhadap kritik dan enggan lakukan perubahan jadi lebih baik."

"KEMENPORA RI berharap, PSSI mulai membuka diri. Sampaikan laporan keuangannya secara terbuka, sesuai dengan perintah dalam putusan KIP."

"Apakah itu terkait dengan dokumen kontrak, nilai kontrak antara PSSI dan stasiun televisi, dan rincian-rincian laporan keuangan lainnya."

Semua hal tersebut penting karena publik ingin mengetahui bagaimana manajemen sepak bola Indonesia berjalan dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik. Masyarakat sangat berharap agar dunia sepak bola kita segera bangkit dan memberikan prestasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini