Sukses

Sempurna di Fase Grup, Madrid Terancam Gagal Juara Liga Champions

Real Madrid justru wajib hati-hati di babak selanjutnya karena terancam tersingkir gara-gara "kutukan" tampil sempurna di fase grup.

Liputan6.com,Madrid: Real Madrid mencatatkan prestasi mengagumkan dengan memenangkan 6 laga di fase grup B Liga Champions. Ini kali kedua "Los Blancos" mampu menorehkan prestasi tersebut di sepanjang sejarahnya.

Di sepanjang sejarah Liga Champions, baru ada 5 tim yang mampu melakukan itu. Mereka adalah Milan, PSG, CSKA Moscow, Barcelona dan Real Madrid. Buruknya, prestasi ini tak selalu berimbas positif untuk kelanjutan tim yang bersangkutan.

Malah, ini menjadi "kutukan" tidak langsung bagi tim-tim peraih hasil sempurna di fase grup. Soalnya, tak ada satu pun dari klub tersebut yang mampu mengakhiri musim Liga Champions dengan titel juara.

5 tim yang mencatatkan prestasi itu malah terhenti di fase knock out baik di babak 16 besar, perempat final, semifinal atau bahkan final Liga Champions. Apakah Madrid bakal mengulangi kutukan itu seperti yang terjadi di musim 2011/12?

Lanjut ke halaman berikutnya------>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kutukan Fase Grup

Untuk mengetahui sejauh mana hasil sempurna di fase grup berimbas buruk kepada hasil tim yang meraihnya, berikut detail kejadian tim-tim peraih hasil sempurna tersebut seperti dilansir Marca:

Milan 1992/1993: "Rossoneri" tampil sempurna dengan menghajar Gutenburg, Porto dan PSV Eindhoven di fase grup. Milan pun menembus laga final tapi uniknya kalah 0-1 dari Marseille di laga pemuncak tersebut.

PSG 1994/1995: Dua musim berikutnya, giliran Paris Saint-Germain yang terima kutukan . PSG sapu bersih semua laga di fase grup melawan Bayern Muenchen, Spartak Moscow dan Dynamo Kyiv. Namun, PSG malah disingkirkan Milan di laga semifinal.

CSKA 1995/1996: CSKA Moscow mengulang "kutukan" yang didapatkan Milan dan PSG di fase grup. CSKA Moscow sikat Legia Warsaw, Rosenborg dan Blackburn Rovers. Petualangan klub asal Rusia itu terhenti di perempat final saat dikalahkan Nantes.

Barcelona 2002/2003: Giliran Barcelona yang tampil memukau dengan menghajar semua lawan di fase grup. Lokomotiv Moscow, Brugge dan Galatasaray semuanya bertekuk lutut. Buruknya, langkah Barcelona justru dihentikan Juventus di perempat final.

Real Madrid 2011/2012: Real Madrid tampilkan penampilan memukau di fase grup melawan Lyon, Ajax, dan Dinamo Zagreb. Meski begitu, "Los Blancos" malah disingkirkan Bayern Muenchen di semifinal lewat drama adu penalti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.