Sukses

Pemain 'Pengkhianat' MU dan Liverpool (Bagian 1)

Para pemain ini sempat membela MU serta Liverpool.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ke-30 Liga Premier Inggris akan terjadi duel seru yang mempertemukan Manchester United melawan Liverpool di Stadion Anfield, Minggu (22/3/2015) malam WIB. Rivalitas kedua tim sudah terjadi sejak puluhan tahun, dan ini merupakan pertemuan ke-192.

MU dan The Reds merupakan dua tim tersukses sepanjang sejarah liga. Total, dua tim ini telah mengumpulkan 121 trofi. Skuat arahan Brendan Rodgers itu sukses merebut 59 gelar, berbanding 62 gelar milik Setan Merah.

Walaupun aroma panas pertandingan itu sangat mencolok, bukan berarti tidak ada pemain yang berani memperkuat kedua klub tersebut. Contohnya Michael Owen, sempat membela Liverpool di tahun 1998. Setelah itu ia sempat berpindah ke Real Madrid dan Newcastle United sebelumnya akhirnya merumput bersama Manchester United tahun 2009 lalu.

Selain Owen masih ada beberapa pemain yang berani "berkhianat" karena mereka sempat berkostum MU dan Liverpool. Berikut daftar para pemain tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tom Chorlton

Tom Chorlton

Pria asal Inggris ini mengawali karirnya bersama klub All Saints F.C, Northern F.C, Stockport and Accrington Stanley sebelum ia menandatangani kontrak dengan Liverpool pada tahun 1904.

Selama berseragam  The Reds, Chorlton hanya membuat delapan gol dari 121 penampilannya. Setelah itu pada tahun 1912 ia memilih meninggalkan Anfield untuk bergabung dengan Manchester United. Akibat keputusannya membela klub rival ia dicap sebagai pengkhianat pertama sepanjang sejarah Liverpool oleh para suporter.

3 dari 7 halaman

Jackie Sheldon

Jackie Sheldon

Sheldon merupakan pemain pertama dalam sejarah Manchester United yang berani membelot untuk menjadi pemain Liverpool. Pria asal Inggris itu hanya bermain tiga musim untuk MU dari tahun 1910-1913.

Walau mendapat cacian hingga teror terhadap dirinya, Sheldon tetap konsisten membela panji kebesaran The Reds. Ia pun menjadi salah satu pemain yang loyal membela Liverpool, terbukti dari masa baktinya dalam rentang waktu 1913 hingga 1927 atau 14 tahun.

4 dari 7 halaman

Tom Miller

Tom Miller

Miller membela Liverpool di tahun 1912. Selama berseragam The Reds pria kelahiran Skotlandia ini berhasil mencetak 56 gol dari 146 pertandingan.

Setelah delapan tahun merumput di Stadion Anfield, Miller memutuskan hijrah ke MU. Ia hanya bermain satu musim bagi Setan Merah.

5 dari 7 halaman

Fred Hopkin

Fred Hopkin

Selama dua tahun membela MU di musim 1919-1921 ia berhasil mencetak delapan gol dari 70 penampilannya. Lalu ia pindah ke Liverpool. Di Anfield, Hopkin berhasil membuat 10 gol dari 335 pertandingannya.

6 dari 7 halaman

Tommy Reid

Tommy Reid

Pria asal Inggris ini mempunyai nama lengkap Thomas Josep Reid. Selama berseragam Liverpool ia kerap kali bermain di sejumlah posisi, namun Reid lebih sering dimainkan pelatih dalam posisi penyerang.

Reid membuat debutnya bersama The di musim 1925-1926, kala itu ia menjadi penolong timnya ketika mencetak satu gol penyama kedudukan saat bertemu Sheffield United sehingga harus berakhir dengan skor 2-2.

Pada musim 1929 Manchester United berhasil membujuk Reid sehingga ia mau bergabung. Selama empat musim membela Setan Merah ia mencetak 67 gol.

7 dari 7 halaman

Ted Savage

Ted Savage

Membela Liverpool dari tahun 1931 sampai 1938, Savage mencetak dua gol dari 105 penampilannya. Di pertengahan musim 1937-1938 pihak manajemen The Kop mengizinkannya untuk memperkuat Manchester United.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

Video Terkini