Sukses

5 Agen Pemain Paling Berpengaruh di Sepak Bola Dunia

Seorang bintang lapangan hijau sangat mengandalkan agen demi kelangsungan kariernya.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang pergantian tahun, kebanyakan klub sepak bola tengah berbenah untuk mematangkan skuatnya di sisa musim kompetisi. Salah satu caranya adalah mendatangkan sejumlah pemain baru di bursa transfer Januari 2015 mendatang.

Namun untuk mendapatkan jasa para bintang itu, klub-klub besar itu harus mampu 'merayu' orang istimewa di balik pemain yang mereka bidik. Pasalnya para bintang lapangan hijau itu biasanya memiliki seorang agen yang menangani proses perpindahan pemain demi masa depan yang lebih baik.

Tahukah Anda agen-agen yang menangani pemain-pemain bintang sekelas Cristiano Ronaldo? Bahkan ia tidak hanya menangani satu bintang saja.

Berikut 5 agen yang paling berpengaruh di sepak bola dunia seperti terangkum dalam 5 halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Barry Silkman

1. Barry Silkman

Barry Silkman adalah mantan pesepakbola yang bermain di Inggris. Namun pada tahun 1990-an ia mencoba peruntungan dengan menjadi agen pemain-pemain lapangan hijau.

Saat ini Barry turut andil dalam perpindahan bintang-bintang sekelas David Villa, Demba Ba, dan Ravel Morrison.

3 dari 6 halaman

Jerome Anderson

2. Jerome Anderson

Arsenal patut berterima kasih pada sosok Jerome Anderson. Pasalnya beberapa bintang The Gunners yang sukses membawa timnya juara adalah klien dari Anderson.

Beberapa nama seperti Thierry Henry, Dennis Bergkamp, Tony Adams, hingga Ian Wright, adalah klien Anderson yang memperkuat Arsenal. Namun di masa kini Anderson juga berjasa membawa beberapa pemain seperti John Obi Mikel, Axel Witsel, dan Kierran Gibbs.

4 dari 6 halaman

Mino Raiola

3. Mino Raiola

Mino Raiola sangat berjasa dalam menyediakan penyerang-penyerang berkelas di Eropa bahkan dunia. Zlatan Ibrahimovic, Edinson Cavani hingga Mario Balotelli.

Raiola sepertinya telah mendapat untung besar dari Ibrahimovic. Pasalnya penyerang asal Swedia itu kerap berpindah klub semasa kariernya. Raiola pun tak hanya meraup untung. Dia juga harus mampu "membersihkan" nama kliennya yang dibawanya.

Seperti yang terjadi dengan kepindahan Balotelli ke Liverpool. Raiola harus bisa menangkis rumor jika Balotelli sudah habis.

5 dari 6 halaman

Jonathan Barnett

4. Jonathan Barnett

Jonathan Barnett banyak menyuplai pemain di Liga Inggris. Ashley Cole, Wojciech Szczesny, Joe Hart, Darrent Bent adalah beberapa nama kliennya.

Ia pun sukses memecah rekor transfer saat kliennya, Gareth Bale diboyong Real Madrid dari Tottenham Hotspurs pada musim 2013/2014. Saat itu Bale menjadi pemain termahal dengan nilai transfer mencapai 91 juta euro atau setara Rp 1,4 triliun.

6 dari 6 halaman

Jorge Mendes

5. Jorge Mendes

Status agen tersukses saat ini mungkin patut diberikan pada Jorge Mendes. Ia adalah sosok yang mampu membawahi klien yang seluruhnya pemain bintang.

Cristiano Ronaldo, James Rodriguez, Radamel Falcao, Angel di Maria, hingga manajer Jose Mourinho, adalah beberapa kliennya. Rumor-rumor soal kepindahan pemain bintang tak jarang bersumber dari mulut Mendes.

Media pun kerap menjadikan omongan Mendes menjadikan patokan betul atau tidaknya bintang-bintang di atas bakal pindah klub.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini