Sukses

Adakah Tim yang Bisa Hentikan Madrid di Liga Champions?

Sejarah tidak memihak Madrid, karena tak ada tim yang berhasil mempertahankan gelar di musim berikutnya

Liputan6.com, Jakarta Pengundian babak 16 besar Liga Champions sudah digelar di Nyon, Swiss. Masing-masing tim sudah ditentukan lawan-lawannya.

Dari hasil undian ada beberapa tim yang menurut penilaian bakal mudah melewati tantangan di fase ini. Namun, ada pula tim yang mesti mengeluarkan keringat banyak karena lawan yang akan dihadapinya sangat berat.

Salah satu tim yang diprediksi bakal berjalan mulus adalah Real Madrid. Bahkan, juara Liga Champions musim lalu ini, diperkirakan bisa menapaki kompetisi ini hingga ke puncak.

Musim lalu Madrid sukses merebut mahkota Liga Champions ke-10 atau La Decima. Dan, kini banyak yang mengharapkan mereka bisa merengkuh lagi gelar itu.

Real melenggang dari babak grup dengan sempurna, memenangkan enam pertandingan mereka melawan Liverpool, FC Basel dan Ludogorets Razgrad. Prestasi ini menjadikan Madrid satu-satunya tim yang menikmati rekor 100 persen kemenangan di babak penyisihan grup.

Namun, sejarah tidak berada di sisi Los Blancos, karena tidak ada tim yang berhasil  mempertahankan gelar Liga Champions di musim berikutnya. Hanya AC Milan tim terakhir yang melakukannya pada 1989 dan 1990.

Bukan hanya soal sejarah, skuat asuhan Carlo Ancelotti pun akan banyak mendapat tantangan dari lawan-lawannya. Ada sejumlah tim yang dianggap bisa menjadi pesaing serius untuk mempertahankan gelar terhormat itu. Berikut adalah tim-tim yang menjadi penantang berat Madrid:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Barcelona

Saingan terbesar Madrid di "rumah" juga bisa menjadi ancaman utama mereka di Eropa. Mungkin masih wajar untuk mengatakan Barcelona era sekarang belum cukup sama sejak kepergian Pep Guardiola sebagai manajer. Tapi sulit untuk mengabaikan tim yang berisi pemain seperti Lionel Messi, Neymar dan Luis Suarez.

Memang masih harus dilihat apakah pelatih Luis Enrique bisa mendapatkan yang terbaik dari tim Catalan pada tahun pertamanya bertugas. Namun, dengan amunisi beberapa pemain top dunia, rasanya perburuan gelar kelima kompetisi paling top di Eropa inu, adalah target yang sangat realistis.

3 dari 4 halaman

Bayern Muenchen

Bayern Muenchen adalah pemegang gelar Liga Champions pada 2013 setelah tampil sebagai runner-up pada 2012. Muenchen adalah tim yang secara teratur mencapai babak terakhir kompetisi bergengsi ini.

Dan, musim ini bisa jadi tahun mereka. Pep Guardiola adalah pelatih yang tahu bagaimana mengalahkan Madrid. Mantan bos Barcelona ini hanya kehilangan tiga kali dalam 16 pertandingan melawan tim Spanyol itu.

Juara Bundesliga Jerman ini, masih berada di puncak klasemen dengan selisih 7 poin atas tim dibawahnya. Dengan begitu mereka memiliki keuntungan menghemat tenaga dan pemain pun bisa beristirahat jika diperlukan menjelang laga penting Eropa.

Muenchen memiliki kualitas pemain membanggakan dari seluruh sisi mulai dari kiper Manuel Neuer, yang bisa dibilang penjaga gawang dunia terbaik di posisinya, benteng pertahanan yang solid, lini tengah yang tangguh dan para penyerang dengan Robert Lewandowski sebagai aktor utama.


4 dari 4 halaman

Chelsea

Manajer Chelsea Jose Mourinho berusaha untuk meraih gelar Liga Champions dengan tiga klub berbeda setelah memenangkan turnamen tersebut, bersama Porto dan Inter Milan.

The Blues musim lalu hanya mencapai semifinal. Tapi, kini mereka harus yakin bisa tampil lebih jauh menyusul kedatangan Diego Costa dan Thibaut Courtois ditambah kembalinya Didier Drogba.

Seperti Bayern, Chelsea juga memiliki tim yang kuat. Costa bisa membuktikan perbedaan ambisi Chelsea di kancah Eropa musim ini, dengan catatan striker ini tetap fit.


Baca Juga:

Madrid Lolos ke Final Usai Bantai Cruz Azul 4-0

Babak I: Madrid Sudah Unggul Dua Gol Atas Cruz Azul

Mantan Bintang Madrid Tertarik Latih Klub Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini