Sukses

Final Piala AFF 2014, Ini Rekor Pertemuan Thailand vs Malaysia

Seperti apa rekor pertemuan kedua negara yang terbentang selama 18 tahun terakhir?

Liputan6.com, Bangkok: Dua raksasa Asia Tenggara bakal jumpa di laga final Piala AFF 2014. Thailand bakal jumpa Malaysia pada leg pertama final Piala AFF yang berlangsung di Stadion Rajamangala Bangkok malam ini.

Pertemuan Thailand vs Malaysia mengulang final 18 tahun lalu tepatnya 15 September 1996 di Singapura. Saat itu, gelandang 33 tahun Dollah Salleh jumpa pemain muda potensial Thailand yang baru berusia 23 tahun Kiatisuk Senamuang. Ya, dua figur itu kini menjadi pelatih Malaysia dan juga Thailand.

Buruknya, Dollah tak bisa main karena cedera di final. Sedangkan Kiatisuk menjadi pahlawan karena mencetak gol kemenangan Thailand di gelaran yang saat itu masih bernama Piala Tiger.

Selain itu, Kiatisuk juga menjadi penyelamat muka Thailand ketika menahan imbang Malaysia 1-1 di fase grup. Ya, saat itu, Malaysia dan Thailand memang sudah bertemu terlebih dahulu di fase grup.

Ulangan final bakal terhampar dalam dua leg yang berlangsung di Rajamangala (17 Desember) dan Stadion Bukit Jalil (20 Desember). Setelah 18 tahun, dua negara ini kembali bertemu. Namun di Piala AFF, kedua negara tidak hanya jumpa di final tapi juga fase grup dan babak-babak lainnya.

Lanjut ke halaman berikutnya untuk data rekor pertemuan------>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rivalitas Thailand vs Malaysia

Kecuali di Piala AFF 1998, kedua negara selalu jumpa di kompetisi sepak bola antarnegara Asia Tenggara ini. Thailand masih mendominasi pertemuan dengan memenangkan 11 laga.

Thailand kembali jumpa Malaysia di semifinal Piala AFF 2000. Kiatisuk kembali mencetak gol untuk ketiga kali berturut-turut setiap jumpa Malaysia dan ditambah gol Tawan Sripan. Thailan dmenang 2-0 saat itu.

Malaysia baru bisa menjinakkan Kiatisuk pada pertemuan dua tahun berikutnya di Singapura. Pada laga fase grup, Malaysia menang 3-1 atas Thailand berkat gol Akmal Rizal Rakhli, Tengku Hazman dan Indra Putra Mahauyddin. Thailand hanya bisa memperkecil kekalahan lewat gol Therdsak Chaiman.

Kenangan manis dua pemain Malaysia saat menang 3-1 atas Thailand di Piala AFF 2002 (AFP)

Dua tahun berikutnya, Thailand menang kembali berkat dua gol Khalid Jamlus di Piala AFF 2004. Malaysia menang 2-1 atas Thailand yang berdampak tersingkirnya "Negara Gajah Putih" dari fase grup untuk pertama kali. Malaysia lolos ke semifinal tapi disingkirkan Indonesia.

Lanjut ke halaman berikutnya untuk rekor pertemuan lengkap----->

3 dari 3 halaman

Rekor Pertemuan Lengkap

Untuk mengetahui data lengkap pertemuan kedua negara ini, berikut hasil-hasil pertemuan kedua negara sejak fase grup Piala AFF 1996 sampai 2014 seperti dilansir situs resmi AFF:

1996 Group Stage (Singapura) – Thailand 1-1 Malaysia

1996 Final (Singapura) – Thailand 1-0 Malaysia

2000 Semi-final (Bangkok) – Thailand 2-0 Malaysia

2002 Group Stage (Singapura) – Malaysia 3-1 Thailand

2004 Group Stage (Kuala Lumpur) – Malaysia 2-1 Thailand

2007 Group Stage (Bangkok) – Thailand 1-0 Malaysia

2008 Group Stage (Phuket) – Thailand 3-0 Malaysia

2010 Group Stage (Jakarta) – Malaysia 0-0 Thailand

2012 Semi-finals (1st leg – Kuala Lumpur) – Malaysia 1-1 Thailand

2012 Semi-finals (2nd leg – Bangkok) – Thailand 2-0 Malaysia (Thailand win 3-1 on aggregate)

2014 Group Stage (Singapura) – Malaysia 2-3 Thailand

Baca Juga:

4 Rencana Direktur Teknik Timnas Memperbaiki Sepak Bola Indonesia

Tidak Betah di Fiorentina, Cuadrado Makin Dekat ke MU?

ISL Bergulir 1 Februari, Persib Memulai Kompetisi di Kandang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.