Sukses

EKSKLUSIF : Curhat "Colongan" Maitimo kepada Liputan6.com

Pemain naturalisasi ini bercerita banyak hal saat melakukan wawancara eksklusif dengan Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Kesempatan langka didapat Liputan6.com. Tepatnya, saat gelandang tim nasional Indonesia Raphael Maitimo berkunjung ke kantor Liputan 6.com di SCTV Tower lantai 14, Senayan, Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Maitimo datang ke kantor Liputan6.com untuk memenuhi undangan wawancara eksklusif. Dan, selama sesi wawancara, pemain berusia 30 tahun bercerita banyak hal soal karier sepak bolanya.

Mulai dari masa depannya, pemecatan Alfred Riedl, pemain terbaik yang pernah dihadapinya hingga hubungannya dengan tiga pemain bintang timnas Belanda Robin van Persie, Wesley Sneijder, dan Arjen Robben.

Lantas, apa saja curahan hati pemain naturalisasi berdarah Belanda ini selama wawancara dengan Liputan6.com. Berikut petikan wawancara dengan pemain bernama lengkap Raphael Guillermo Eduardo Maitimo :   

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Riedl, Kegagalan di Piala AFF, Gol Terbaik Bersama Timnas

Kontrak Alfred Riedl tidak diperpanjang oleh PSSI dan Badan Tim Nasional. Punya saran siapa yang cocok menggantikan Riedl ?

Kerja Riedl sangat bagus tahun lalu, saya sangat menghormatinya. Dia juga sangat bagus dalam mengeluarkan kemampuan terbaik tim. Sayang, kami tak tampil bagus di Piala AFF, itulah mengapa dia harus pergi.

Pelatih pengganti yang terbaik adalah yang mengenal dan mengetahui kebudayaan Indonesia serta pelatih yang memiliki banyak pengalaman di luar Indonesia.

Itu karena sepak bola Indonesia masih butuh banyak peningkatan. Jadi, sangat bagus jika bisa belajar dari seseorang yang sudah memiliki banyak pengalaman.

Apa sebenarnya penyebab timnas gagal di Piala AFF 2014 ?

Persiapan kurang, namun saya tak suka mencari-cari alasan karena kami memiliki tim yang bagus. Kami memiliki para pemain terbaik. Ya, kami hanya kurang persiapan.

Pernah dilatih oleh Nilmaizar, Rahmad Darmawan, Jacksen F Tiago, dan Riedl. Pelatih mana yang bisa membuat Anda mengeluarkan kemampuan terbaik ?

Saya rasa semua pelatih memiliki kualitas yang bisa saya pelajari. Saya hanya sebentar bekerja dengan para pelatih ini, tapi Alfred Riedl yang paling lama. Tapi, saya merasa bisa mengerahkan kemampuan terbaik saat masih dilatih Jacksen F. Tiago.

Anda sudah mencetak tiga gol bagi timnas Indonesia. Dari tiga gol itu mana yang paling spesial ?

Sebagai seorang gelandang bertahan, mencetak tiga gol tidaklah buruk. Gol paling spesial adalah gol pertama saya bersama timnas. Gol itu hadir di partai debut saya bersama timnas di 2012 (Piala AFF).

3 dari 5 halaman

Klub Masa Depan, Robin van Persie, Boaz Solossa

Banyak klub tertarik mendapatkan tanda tangan kamu. Sudah membuat keputusan akan bermain di klub mana musim depan ?

Saya pertama kali berhubungan dengan Indonesia empat tahun lalu. Tetapi, saya baru bermain di Liga Indonesia sekitar tahun 2011.

Setelah 2011 saya mulai bermain di ISL karena sebelum itu liga kita masih terpecah dua. Saya sangat menikmati tinggal di Indonesia dan bermain di ISL.

Segalanya mungkin dalam sepak bola. Jadi, saya masih ingin sekali bermain semusim lagi di ISL. Tapi di masa depan, saya tak tahu apa yang bakal terjadi. Mungkin saya akan main di liga lain.

Kamu teman seangkatan dua pemain timnas Belanda Robin van Persie dan Wesley Sneijder.

Saya seangkatan dengan Wesley Sneijder dan Arjen Robben, bukan Robin van Persie. Saya bermain bersama Van Persie di akademi Feyenoord.

Masih sering berhubungan dengan keduanya ?

Tahun lalu (Indonesia Selection vs timnas Belanda), saya bertemu mereka dan kami sempat mengobrol saat latihan. Setelah pertandingan kami juga sempat bertemu.

Terkadang masih sesekali berhubungan untuk saling memberikan dukungan. Tapi, saya tak sering berhubungan dengan mereka karena mereka sangat sibuk.

Siapa pemain paling tangguh yang pernah kamu hadapi di ISL ?

Saya sangat menyukai Boaz Solossa. Saya rasa dia memiliki kemampuan luar biasa. Saya juga menyukai gaya bermain Firman Utina karena dia memiliki posisi yang sama dengan saya.

Dia pekerja keras dan memiliki skill olah bola yang baik. Untuk pemain asing, saya sangat menyukai Gustavo Lopez.

4 dari 5 halaman

Komentar Soal Dirtek Timnas Usia Muda

Empat tahun bermain di Indonesia. Aspek apa saja yang masih menjadi kendala selama soal sepak bola. Misalnya makanan atau tempat tinggal ?

Cuaca di sini sangat berbeda dengan di Eropa. Cuaca di sini membuat kami kesulitan bermain. Tapi, kami berusaha mengerahkan kemampuan terbaik.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, terdapat perbedaan mentalitas dan budaya. Jadi, kami harus berusaha beradaptasi karena kami adalah pesepak bola profesional.

Kamu pernah bermain di Belanda, Tiongkok, dan Indonesia. Apa perbedaan paling mencolok dari tiga liga ini ?

Liga Indonesia dan Tiongkok hampir sama karena keduanya sama-sama dari Asia. Tiongkok lebih disiplin dari Indonesia, tapi Indonesia memiliki banyak potensi dan para pemain hebat.

Mereka hanya butuh waktu dan pendidikan yang tepat. Dibandingkan dengan Eropa, mentalitas, disiplin, dan berbagai hal lainnya masih kalah jauh.

PSSI baru saja menunjuk pria asal Belanda Pieter Huistra sebagai Direktur Teknik Pembinaan Usia Muda. Apa kamu mengenal dia ? Apakah dia orang yang pas untuk proyek ini ?

Saya tak kenal dia secara pribadi, tapi saya sering mendengar namanya. Sangat bagus PSSI mempekerjakan orang yang kaya pengalaman.

Dia punya banyak pengalaman dalam pembinaan usia muda. Jadi, ini adalah awal yang bagus untuk meningkatkan sistem persepakbolaan Indonesia.

5 dari 5 halaman

Wanita Paling Spesial di Hati Maitimo

Kompetisi ISL sedang libur. Apa yang kamu lakukan untuk mengisi waktu luang ?

Saya habiskan banyak waktu bersama teman-teman karena saya sangat sibuk ketika kompetisi berjalan. Jadi, saat saya punya waktu luang, saya menghabiskannya untuk menemui keluarga dan teman-teman.

Apa yang kamu lakukan untuk menjaga kebugaran?

Saya berlatih sendiri setiap hari. Tapi karena tubuh saya butuh istirahat, saya hanya berlatih ringan saja selama 20-30 menit dengan cara jogging.

Tempat paling disukai di Indonesia?

Saya sangat menyukai pantai. Di Bali, pantainya sangat indah. Saya juga menyukai beberapa kota seperti Surabaya dan Padang. Saya juga menyukai Jakarta karena saya punya banyak fans di sini.

Siapa wanita paling spesial di hati kamu? Wanita Indonesia mungkin ?

Wanita spesial di hati saya saat ini adalah ibu saya. Banyak wanita cantik di indonesia. Tapi, saya sangat sibuk. Jadi, saya masih jomblo saya juga tak tahu mengapa. Saya sangat fokus dengan karier saya saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.