Sukses

Buffon Minta Digaji 4,25 Miliar?

Bersama Juventus, Gianluigi Buffon mendapat gaji (bersih) sebesar 90 ribu pound (Rp 1,53 miliar) per pekannya. Andaikata Manchester City mau memakai jasanya, Buffon diklaim meminta bayaran 13 juta pound per tahun atau sekitar Rp 4,25 miliar per minggunya!

Seusai keberhasilan Juventus menjadi jawara kompetisi Liga Serie B musim 2006-07 lalu, kiper nomor satu di ranah Italia, Gianluigi Buffon memperpanjang kontraknya di Turin sampai akhir musim 2012. Dalam kontrak barunya itu, Buffon yang pada 28 Januari 2009 bakal genap berusia 31 tahun mendapat bayaran atau gaji (bersih) sebesar 4,68 juta pound per tahun atau 90 ribu pound (sekitar Rp 1,53 miliar dengan kurs 1 pound = Rp 17.000) per minggunya.

Soal gaji itulah yang kini menjadi pusat perhatian. Pasalnya, seperti yang dilansir Daily Mail, Buffon diklaim meminta gaji yang luar biasa jika Manchester City jadi merekrutnya di bursa transfer musim dingin Januari mendatang. The Citizens memang sedang kebelet mencari seorang penjaga gawang kelas dunia guna menutupi kelemahan lini belakang skuad yang diasuh Mark Hughes tersebut (Baca: City Tawar Gigi Hanya Sensasi?).

Besaran gaji yang diminta Buffon, jika benar sesuai dengan klaim Daily Mail, berjumlah 250 ribu pound atau sekitar Rp 4,25 miliar per minggunya. Atau dalam setahun, City kudu memberi upah sebesar 13 juta pound atau Rp 221 miliar! Sementara fee transfernya hanya mencapai 20 juta pound (Rp 340 miliar).

Andaikata City jadi memenuhi tuntutan Buffon, maka mantan kiper AC Parma itu bakalan menjadi pemain sepakbola profesional termahal di seantero Inggris. Rekor gaji tertinggi saat ini dipegang bintang Brasil yang juga bermain bersama City, Robinho, yaitu sebesar 160 ribu pound (Rp 2,72 miliar) per minggunya.

Disusul kapten Liverpool, Steven Gerrard yang mendapat upah sebesar 138 ribu pound (Rp 2,346 miliar) per pekannya. Tiga pemain Chelsea menyusul di belakangnya, yaitu Frank Lampard dan John Terry yang sama-sama dibayar 135 ribu pound (Rp 2,295 miliar) serta bintang Jerman, Michael Ballack (120 ribu pound atau Rp 2,040 miliar).

Menurut Daily Mail, dengan kekuatan finansialnya yang sangat solid, City diyakini tidak akan keberatan untuk menguras kas klub guna mendapatkan jasa Buffon di City of Manchester Stadium. Sangat kuat dugaan, jika Hughes sendiri memberikan sinyal positif atas upaya owner klub mendatangkan pemain bintang atau kelas dunia ke dalam skuadnya. Namun, Hughes menggarisbawahi faktor fisik Buffon yang belakangan absen dari skuad Claudio Ranieri karena mengalami cedera paha.

Menurut beberapa sumber di Italia, kubu Bianconeri sangat keheranan dengan langkah City yang terus memburu Buffon. “Juventus, tentunya, sangat keberatan untuk melego Buffon. Namun, beda ceritanya jika faktor duit berbicara,” ujar sang sumber.

Lagipula, pekan lalu, Buffon dikabarkan telah meminta Bianconeri untuk melegonya. “Andaikata ada klub yang mau membayar fee transfer dengan jumlah yang sangat besar bagi saya, maka saya akan katakan kepada agen untuk melakukan deal tersebut. Sebab, dengan dana sebesar itu, Juventus dapat membangun tim juara,” tegas Gigi, panggilan akrab Buffon.

Selain Buffon, City juga diklaim terus memburu striker utama Spanyol yang bermain bersama Valencia, David Villa. Faktor kesulitan finansial yang sedang dialami Los Che ditengarai membuat manajemen berpikir keras untuk menimbang tawaran City yang diklaim telah menyodorkan fee transfer sekitar 39 juta pound (Rp 663 miliar). Utang Valencia sendiri ditaksir mencapai 328 juta pound (Rp 5,576 triliun).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini