Sukses

"Malaysia Masih Punya 90 Menit untuk Menang"

"Saya tidak melihat alasan, mengapa kami tidak bisa bangkit dari kekalahan," Safee Sali.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Timnas Malaysia mencoba mengulang sukses di semifinal Piala AFF 2014 ketika menghadapi Thailand di leg 2 partai pamungkas AFF, Sabtu (20/12/2014) besok di Stadion Bukit Jalil. Bomber Harimau Malaya, Safee Sali memompa semangat bertanding tim.

Bekas pemain Pelita Jaya Karawang itu meminta tim tetap berpikir positif terhadap peluang tim tampil sebagai juara. Menghadapi leg 2 Piala AFF 2014, Harimau Malaya berada dalam posisi tidak menguntungkan. Tim besutan Dollah Saleh itu menelan kekalahan 0-2 dari Thailand di pertemuan pertama. Bermain imbang tanpa gol kontra Thailand membuat Malaysia dipastikan gagal merebut gelar juara.

Situasi serupa sempat terjadi di semifinal. Malaysia menelan kekalahan di pertemuan pertama dengan skor 1-2 dari Vietnam. Namun Malaysia berhasil membalasnya di leg 2. Tidak tanggung-tanggung, Malaysia melibas Vietnam dengan skor 2-4 di My Dinh Stadium, markas Vietnam.

"Jika Thailand bisa memetik kemenangan di kandangnya, mengapa kami tidak," tegas Safee dikutip dari Utusan Online.

Berkaca dari leg 1, Safee menjelaskan bila Malaysia mampu memberikan perlawanan seimbang di hadapan tim Negeri Gajah Putih. Hal itu terlihat ketika pertandingan memasuki 10 menit babak pertama di mana Malaysia juga menciptakan banyak peluang."Tapi di penghujung babak kedua, Thailand bermain sangat agresif dan penalti yang mereka menjatuhkan mental kami," sambung bomber 30 tahun itu.

Bagi Safee, pemain telah melupakan kekalahan itu dan membalikkan kedudukan di pertemuan kedua nanti."Kami masih memiliki waktu 90 menit. Saya tidak melihat alasan, mengapa kami tidak bisa bangkit dari kekalahan," ucap Safee.

Lantas siapa pemain Thailand yang paling diwaspadai Safee? Pemain berusia 30 tahun itu menyebut pemain bernomor punggung 18 (Chanthip Songkrasin) perlu mendapat perhatian khusus dari pemain.

"Kami harus berhati-hati dengan gerakan pemain bernomor 18. Dia menjadi motor serangan Thailand. Mungkin pelatih memiliki rencana agar dia tidak terlalu mendapat ruang di pertandingan kedua nanti," Safee menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.