Sukses

5 Pemain Top yang Gantung Sepatu 2014

Di tahun 2014 ini banyak nama besar yang memilih berhenti bermain.

Liputan6.com, Jakarta- Tahun 2014 sebentar lagi akan berakhir. Pada tahun kuda ini dunia sepak bola diwarnai banyaknya pemain bintang yang memutuskan gantung sepatu.

Faktor usia dan kondisi kesehatan yang menurun drastis menjadi penyebab beberapa nama besar yang memilih mengakhiri karier sepak bola profesionalnya.

Berikut 5 pemain top yang gantung sepatu tahun 2014 ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ryan Giggs

1. Ryan Giggs

Pria Wales ini memutuskan pensiun pada 19 Mei 2014. Giggs kini menekuni karier di dunia kepelatihan. Pria 41 tahun ini menjadi asisten manajer Louis van Gaal di Old Trafford.

Sebelum pensiun, di penghujung musim lalu, Giggs sempat menjabat sebagai caretaker pasca dipecatnya David Moyes akibat rentetan hasil mengecewakan.

Ketika menjabat sebagai caretaker, Giggs juga masih aktif bermain.

3 dari 6 halaman

2. Javier Zanetti

2. Javier Zanetti

Musim 2013/2014 menjadi musim terakhir Zanetti mengabdi bersama Inter Milan. Pria Argentina ini sudah membela La Beneamata sejak tahun 1995. Berbagai gelar bergengsi pernah dipersembahkan oleh Zanetti.

Zanetti sudah tampil lebih dari 600 laga di Serie A dengan kostum biru-hitam. Begitu pensiun, Zanetti langsung diangkat sebagai direktur klub.

Besarnya jasa Zanetti bersama Inter membuat klub milik Erick Thohir ini memutuskan mempensiunkan jersey bernomor punggung 4 yang biasa dipakai sang pemain.

4 dari 6 halaman

3. Carles Puyol

3. Carles Puyol

Kondisi kebugaran yang sudah menurun drastis sehingga kerap dibekap cedera menjadi alasan Puyol memilih menutup lembaran emas kariernya di tahun 2014.

Sepanjang kariernya, Puyol hanya memperkuat satu klub yakni Barcelona. Dia 15 tahun berkiprah bersama tim utama Barca dimana 10 tahun diantaranya menjabat sebagai kapten tim.

Sama seperti Zanetti dan Giggs, begitu pensiun, Puyol langsung bekerja untuk Barcelona. Puyol jadi asisten direktur olahraga Andoni Zubizarreta.

5 dari 6 halaman

4. Thierry Henry

4. Thierry Henry

Di bulan Desember ini, Henry memutuskan gantung sepatu. New York Red Bulls menjadi klub terakhir yang dibela oleh pria Prancis itu.

Selama berkiprah di lapangan hijau, Henry sudah pernah membela tiga klub besar di tiga liga top Eropa yakni Juventus, Arsenal dan Barcelona.

Henry mengindikasikan akan mencoba peruntungan sebagai pelatih. Mantan pemain AS Monaco itu mengutarakan keinginannya melatih Arsenal.

6 dari 6 halaman

5. Eric Abidal

5. Eric Abidal

Pemain terbaru yang memilih pensiun adalah Eric Abidal. Pria Prancis ini mundur dari dunia sepak bola karena kondisi fisik yang sudah tidak prima.

Abidal tahun 2012 lalu harus menjalani operasi transplantasi hati saat membela Barcelona. Sebenarnya Abidal masih terikat kontrak dengan Olympiakos hingga musim depan.

Karier Abidal mencapai puncaknya ketika membela Barcelona. Dia berhasil mempersembahkan gelar juara Liga Champions dan ikut dalam tim yang menyapu bersih enam gelar dalam setahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini