Sukses

5 Pemain Termahal yang Pernah 'Dibuang' MU

Pada era Alex Ferguson, MU banyak mengeruk keuntungan dari penjualan pemain.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) merupakan salah satu klub sepak bola terbesar di dunia. Dan salah satu pemasukan paling banyak dari MU adalah dari penjualan pemainnya.

Pada era Alex Ferguson, MU banyak mengeruk keuntungan dari penjualan pemain tersebut. Hebatnya, beberapa pemain dibeli dengan harga murah atau pemain asli binaan akademi MU.

Berikut lima pemain termahal yang pernah dijual The Red Devils seperti dilansir dari berbagai sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo

Ronaldo merupakan pemain termahal yang pernah dijual MU. Sayap asal Portugal itu dilepas ke Real Madrid dengan harga 80 juta pound atau Rp. 1,5 triliun pada tahun 2009.

Padahal MU hanya membelinya dari Sporting Lisbon dengan harga 12,2 juta pound pada tahun 2003. Namun penjualan itu dinilai pantas mengingat prestasi Ronaldo bersama Madrid saat ini.

3 dari 6 halaman

David Beckham

Pemain kedua termahal yang pernah dijual MU adalah David Beckham. The Red Devils menjualnya ke Real Madrid dengan banderol hingga 25 juta pound pada tahun 2003.

Penjualan Beckham sangat menguntungkan dari sisi finansial karena ia merupakan produk asli akademi.  Bersama Madrid, Beckham sukses menyumbangkan dua gelar.

4 dari 6 halaman

Danny Welbeck

Welbeck menjadi pemain termahal ketiga yang pernah dijual MU. Striker timnas Inggris itu dilego dengan harga 16 juta pound ke Arsenal pada musim panas lalu.

Penjualan Welbeck juga menguntungkan MU karena ia juga merupakan pemain binaan akademi MU. Manajer Louis van Gaal memutuskan menjual Welbeck karena stok striker yang berlimpah.

5 dari 6 halaman

Jaap Stam


Penjualan Stam ke Lazio sempat menuai kontroversi pada tahun 2001. Pasalnya, ia dijual karena bertikai dengan Alex Ferguson.

MU menjual bek asal Belanda itu dengan harga 15,3 juta pound. Namun MU sendiri sudah mengambil keuntungan dari penjualan ini karena mereka membelinya hanya dengan harga 10,6 juta pound pada tahun 1998 dari PSV.

6 dari 6 halaman

Juan Sebastian Veron

Walau masuk daftar pemain termahal yang pernah dijual, namun MU tetap merugi dalam transfer Veron. Maklum ia hanya dijual dengan harga 15 juta pound ke Chelsea pada tahun 2003.

Padahal saat membelinya dari Lazio tahun 2001, MU merogoh kocek hingga 28,1 juta pound sekaligus menjadikan Veron pemain termahal di Inggris saat itu. Sayang, ia tak berkembang di Old Trafford dan membuat Alex Ferguson memutuskan untuk menjualnya dua tahun kemudian.

Baca Juga:

"Real Madrid Timnya Tuhan"

FIFA Akhirnya akan Rilis Versi Lengkap Dokumen Garcia

Dibantai Liverpool Musim Lalu, Wenger: Sakitnya Tuh di Sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini