Sukses

Rebut Gelar Juara, Thailand Arak Foto Sang Raja

Kawin beserta seluruh offisial pun ikut membawa foto Bhumibol ketika menerima medali dan trofi di atas podium.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Ada pemandangan tidak biasa setelah Thailand memastikan diri merebut gelar juara Piala AFF 2014. Kiper Kawin Thammasatchanan mengarak foto Raja, Bhumoibol Adulyadej ketika merayakan selebrasi.

Dalam pertandingan di Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (20/12/2014), Tim Negeri Gajah Putih harus mengakui keunggulan tuan rumah Malaysia dengan skor 2-3. Kendati kalah, Thailand berhak atas gelar juara karena menang dengan agregat 4-3.

Kawin beserta seluruh offisial pun ikut membawa  foto Bhumibol ketika menerima medali dan trofi di atas podium. Bhumibol yang bergelar Raja Rama IX ini naik takhta menjadi Raja Thailand pada 1946 ketika usianya baru menginjak 19 tahun. Dia menjadi Raja terlama di dunia yang memimpin pemerintahan, selama 68 tahun.

Lebih dari enam dekade menduduki singgasana, Raja berusia 87 tahun itu terkenal dekat dengan rakyat kecil, terutama petani. Tidak heran dia dipandang sebagai Buddha yang hidup.

Meski berstatus sebagai pejabat negara dan Raja, Bhumibol tidak sungkan ikut membela negara melalui olahraga. Dia  tercatat pernah mempersembahkan emas di ajang SEA Games 1967 di Manila, Filipinan dari cabang layar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini