Sukses

4 Trofi Madrid di 2014

Real Madrid meraih trofi Copa del Rey, Liga Champions Eropa, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Liputan6.com, Madrid - Carlo Ancelotti membuat catatan manis bersama Real Madrid di akhir 2014. Pelatih asal Italia itu memberikan empat gelar juara sepanjang tahun ini.

Didatangkan dari Paris Saint-Germain (PSG) di musim panas 2013, Ancelotti diharapkan bisa mengembalikan kejayaan Madrid baik di Spanyol, Eropa, maupun dunia. Tapi, Ancelotti gagal membawa Madrid merebut trofi La Liga Spanyol 2013-14.

Iker Casillas dan kawan-kawan cuma finis di peringkat ketiga klasemen akhir dengan poin 87, tiga angka di belakang Atletico Madrid yang menjadi juara. Akan tetapi, hal itu tak mengurangi kesuksesan Ancelotti.

Musim lalu, mantan pelatih AC Milan itu memang lebih mengutamakan untuk meraih trofi Liga Champions ke-10 atau La Decima. Trofi tersebut sudah 11 tahun dinanti-nanti publik Santiago Bernabeu. Terakhir, Madrid juara Liga Champions pada musim 2001-02.

Berikut empat trofi yang diraih Madrid sepanjang 2014:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Copa del Rey

1. Copa del Rey

Copa del Rey merupakan trofi pertama yang diraih Real Madrid di 2014. Los Blancos maju ke final dengan cukup menyakinkan. Madrid menyingkirkan Atletico Madrid dengan aggregat gol sangat telak 5-0.

Di final yang berlangsung di Estadio de Mestalla, Valencia, 17 April 2014, Madrid menghadapi seteru abadinya, Barcelona. Madrid sempat unggul lebih dulu lewat Angel di Maria di menit 11. Namun, Barca bisa menyamakan skor pada menit 68 lewat Marc Bartra

Lima menit jelang laga bubar dalam waktu normal, Gareth Bale membawa Madrid unggul 2-1. Meski sempat dihalau Bartra hingga keluar lapangan, Bale masih mampu mengungguli bek 23 tahun itu dalam adu sprint sebelum menjebol gawang Jose Pinto. Madrid pun memenangi laga ini.

3 dari 5 halaman

Liga Champions

2. Liga Champions

Gelar juara kedua yang direbut Real Madrid adalah trofi Liga Champions. Ini merupakan trofi ke-10 Los Blancos di ajang kompetisi paling bergengsi di Eropa itu atau La Decima.

Usai mempermalukan Bayern Muenchen 0-4 (agregat gol 0-5) pada leg kedua di Allianz Arena, 30 April, Madrid kembali menghadapi seteru sekotanya, Atletico Madrid, di partai puncak. Tak mudah bagi Madrid untuk meraih trofi. Kesalahan Iker Casillas membuat Atletico unggul pada menit ke-36 lewat tandukan Diego Godin.

Madrid baru menyamakan kedudukan di menit ke-90+3 melalui sundulan Sergio Ramos yang meneruskan umpan sepak pojok Luka Modric. Madrid mencetak tiga gol lagi di perpanjangan waktu, masing-masing lewat Gareth Bale, Marcelo, dan Cristiano Ronaldo. Madrid pun menang dengan skor 4-1.

4 dari 5 halaman

Piala Super Eropa

3. Piala Super Eropa

Piala Super Eropa mempertemukan antara juara Liga Champions dan Liga Europa. Real Madrid menghadapi klub Spanyol lainnya, Sevilla, di Cardiff City Stadium, 13 Agustus 2014.

Melawan Sevilla, Los Blancos unggul dalam penguasaan bola. Cristiano Ronaldo mencetak dua gol kemenangan Madrid pada laga ini, masing-masing di menit ke-30 dan 49.

Kemenangan ini mengantarkan Madrid merebut trofi ketiga tahun ini, setelah sebelumnya Copa del Rey dan Liga Champions.

5 dari 5 halaman

Piala Dunia Antarklub

4. Piala Dunia Antarklub

Piala Dunia Antarklub yang digelar di Maroko merupakan turnamen terakhir yang dimenangkan Real Madrid tahun ini. Sebagai juara Liga Champions Eropa, pasukan Carlo Ancelotti langsung maju ke semifinal.

Di semifinal, Madrid dengan menyakinkan menang empat gol tanpa balas atas Cruz Azul. Final ideal pun tercipta usai San Lorenzo mengalahkan Auckland City 2-1 lewat perpanjangan waktu.

Madrid menunjukkan sebagai klub terbaik sejagat tahun ini dengan mengalahkan San Lorenzo 2-0 di partai puncak. Dua gol Madrid masing-masing dicetak Sergio Ramos dan Gareth Bale. Ini menjadi trofi keempat Madrid yang diraih sepanjang 2014.

Baca juga:

Madrid Diprediksi Terus Memecahkan Rekor

Pertaruhan Sergio Ramos Berbuah Manis

Tahun Menakjubkan untuk Carlo Ancelotti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini