Sukses

Cuti Panjang Menanti Fabregas?

Kabar sangat menyakitkan bagi Arsenal dan Arsene Wenger. Kapten tim, Francesc Fabregas, diprediksi bakal absen panjang dari lapangan hijau selama kurang lebih tiga bulan menyusul cedera lutut yang dialaminya saat laga lawan Liverpool, Minggu (21/12) lalu.

Kabar yang sangat menyakitkan bagi Arsenal dan Arsene Wenger. Gelandang andalan sekaligus playmaker tim yang baru saja diangkat sebagai kapten reguler, Francesc “Cesc” Fabregas terancam cuti panjang dari lapangan hijau. Tak tanggung-tanggung, pemain lulusan akademi sepakbola Barcelona yang baru berusia 21 tahun itu diprediksi absen dari skuad selama tiga bulan atau sampai akhir Maret 2009.

Fabregas menderita cedera rusak ligamen medial di lututnya saat tampil membela Arsenal dalam Super Sunday menjamu Liverpool di Emirates Stadium, Minggu (21/12) lalu. Ketika itu, beberapa saat menjelang waktu istirahat tiba, Fabregas mendapat tackling yang cukup keras dari sesama pemain Timnas Spanyol, gelandang The Reds, Xabi Alonso. Walhasil, ketika babak kedua dimulai, Wenger menurunkan Vassiriki Abou Diaby untuk menggantikan peran Fabregas.

Sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari kubu The Gunners. Kabar tentang lamanya cuti yang bakal dijalani Fabregas dilansir harian Spanyol, AS, dan harian Inggris, The Sun. “Ia benar-benar kecewa. Inilah waktu terburuk baginya maupun untuk klub (Arsenal),” ujar seorang sumber.

Menurut The Sun, buruknya cedera kali ini juga dirasakan Fabregas sendiri yang mengira jika kali ini ia harus naik meja operasi untuk menyembuhkan cederanya itu. Seusai laga big-match tersebut, Fabregas terpaksa menggunakan tongkat. “Saya punya pikiran buruk dengan cedera ini,” akunya. Senin (22/12) malam Fabregas menjalani scanning kedua di lutut kanannya. Pasalnya, dalam pemeriksaan awal ditengarai cederanya itu lumayan parah.

“Ia (Fabregas) telah diberi kabar bahwasanya ia bakal absen sampai penghujung bulan Maret mendatang. Artinya, ia bakal absen membela Arsenal dalam babak 16 besar Liga Champions dan sejumlah partai krusial di Liga Premier. Dalam waktu dekat, ia bakal mendapat kepastian apakah tindak operasi itu jadi dilaksanakan. Yang pasti, kondisinya lumayan buruk,” tegas sang sumber.

Guna memastikan seberapa buruk (parah) cedera yang dialami Fabregas, rencananya pihak klub bakal melakukan pemeriksaan lanjutan pada Selasa (23/12) ini. Sebelumnya, Wenger yang juga sangat waswas menaksir Fabregas hanya akan absen dalam hitungan pekan.

“Cederanya terkait ligamen medial di lututnya. Saya tidak tahu berapa lama ia bakal absen. Sulit untuk memprediksinya, bisa saja satu atau tiga minggu. Tentu saja, kehilangan pemain sekalibernya merupakan pukulan bagi kami. Namun, kami harus mampu menjalani pertandingan tanpa kehadirannya,” tandas Wenger.

Andaikata klaim The Sun benar adanya, selain dua partai di babak 16 besar Liga Champions melawan AS Roma, Fabregas bakal absen dalam 12 pertandingan premiership, termasuk partai yang terbilang sengit, seperti menghadapi Aston Villa di laga Boxing Day, Jumat (26/12), dan bertandang ke markas Everton (28/01) serta derby London Utara melawan Tottenham Hotspur (07/02).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.