Sukses

4 Pemain Terbaik MU di Mata Ferguson

Sir Alex Ferguson memuji Carrick, van Persie, Rooney hingga De Gea yang bermain impresif di bawah mistar.

Liputan6.com, Manchester - Mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, ternyata masih mengawasi performa mantan anak asuhnya. Ia menilai MU dapat meraih kesuksesan apabila Louis van Gaal mampu memaksimalkan empat sosok yaitu Robin van Persie, Michael Carrick, Wayne Rooney, dan David de Gea.

Ferguson adalah manajer tersukses The Red Devils di tahun 1986 hingga 2013. Ia sukses menyumbangkan 13 gelar Liga Inggris, lima Piala FA, dan dua gelar Liga Champions.

Beberapa pemain bintang pun berhasil ia lahirkan. Mulai dari David Beckham, Rooney hingga Cristiano Ronaldo. Tidak hanya itu, pria asal Skotlandia ini juga berhasil memboyong beberapa pemain berkelas seperti  Carrick dan Ruud van Nistelrooy.

Musim 2014/2015 ini, Fergie memiliki pandangan tersendiri terhadap empat pemain yang menurutnya adalah kunci kesuksesan "The Red Devils" kembali ke papan atas. Berikut pandangan Ferguson pada keempat pemain tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Michael Carrick

Michael Carrick

Manchester United memboyong Carrick pada tahun 2007/2008 dari Tottenham Hotspurs seharga 27,2 juta euro atau setara Rp 414 miliar. Tidak butuh waktu lama, Carrick langsung nyetel dan sukses masuk ke Timnas Inggris.

Bahkan Fergie menilai Carrick sebagai gelandang terbaik di Inggris. Pujian itu dilontarkan Sir Alex karena kemampuan mantan pemain Spurs bermain di berbagai posisi.

Sejak badai cedera menimpa skuat "The Red Devils" musim ini, Carrick menjalankan peran lain di bawah manajer Louis van Gaal. Gelandang asal Inggris itu sempat dimainkan sebagai bek tengah dan mampu memerankan posisi tersebut dengan baik. Padahal, Carrick berposisi asli sebagai pemain tengah.

"Saya pikir Carrick adalah gelandang terbaik di Inggris, pemain asal Inggris terbaik saat pertandingan," jelasnya seperti dilansir ESPN, Selasa (23/12/2014).

3 dari 5 halaman

Wayne Rooney

Wayne Rooney

Rooney mengenyam banyak kesuksesan saat diasuh Ferguson. Akan tetapi performanya sempat meragukan saat MU ditukangi David Moyes musim 2013/2014.

Namun di bawah asuhan Van Gaal, Rooney kembali menemukan kepercayaan dirinya. Meski kerap berganti-ganti posisi dari penyerang ke gelandang serang, kapten MU ini cukup piawai dalam mencetak gol

Musim 2014/2015, bintang Timnas Inggris ini sudah mencetak enam gol dari 13 pertandingan "Setan Merah". Fergie pun percaya Rooney akan terus mencetak gol.

"Rooney akan kembali tajam dan terus mencetak gol bagi timnya," ucap Fergie.

4 dari 5 halaman

Robin van Persie

Robin van Persie

Robin van Persie didatangkan MU musim 2012/2013. Di musim pertamanya, RVP berhasil meraih gelar Liga Inggrisnya di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.

Memasuki musim 2014/2015, penyerang asal Belanda ini seperti kehilangan 'magis' di lini serang. Ia kerap mandul saat berhadapan dengan penjaga gawang.

Akan tetapi kini mantan penyerang Arsenal itu mulai menemukan sentuhannya kembali. Gol terakhir yang ia cetak bagi "Setan Merah" adalah saat mereka menumbangkan Liverpool 3-0 pada 14 Desember lalu.

"Robin van Persie, mungkin Piala Dunia menguras tenaganya, tapi kini dia mulai membaik," kata Ferguson memuji.

5 dari 5 halaman

David de Gea

David de Gea

Keberadaan De Gea di bawah mistar tim asuhan Louis van Gaal kian sentral. Bahkan, performa apiknya mampu membuat Liverpool frustrasi pada laga yang dimenangi MU dengan skor telak 3-0 pada laga lanjutan Liga Primer.

Beberapa peluang emas Raheem Sterling sukses dihalaunya, padahal Sterling tinggal berhadapan dengan De Gea seorang. Lalu beberapa penyelamatan emas mantan kiper Atletico Madrid ini juga sukses menyelamatkan timnya dari kekalahan. Salah satunya adalah saat MU mengalahkan Everton 2-1 pada 5 Oktober lalu.

"Satu pemain yang paling membuat saya bangga adalah David de Gea. Ketika kami membelinya, ia hanyalah seorang remaja, tapi ia memiliki talenta hebat dan saya sangat senang dengan remaja ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.