Sukses

5 Prestasi Ciamik Indonesia di Dunia Olah Raga Sepanjang 2014

Di balik keterpurukan kepengurusan di dunia olahraga Indonesia, para atlet sangat semangat mengibarkan bendera Merah-Putih di negeri orang.

Liputan6.com, Jakarta - Menutup tahun 2014, redaksi Liputan6.com akan memaparkan prestasi-prestasi gemilang di dunia olahraga. Apa saja itu?

Di balik keterpurukan kepengurusan di dunia olahraga Indonesia, para atlet sangat semangat mengibarkan bendera Merah-Putih di negeri orang. Banyak atlet yang mengharumkan Indonesia di tahun 2014.

Olahraga apa saja yang mengharumkan Indonesia di tahun 2014? Lihat di halaman selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Asian Para Games

1. Asian Para Games

Atlet-atlet difabel Indonesia mencatatkan prestasi gemilang di pentas Asian Para Games 2014 yang berlangsung di Incheon, Korea Selatan. Dari 41 peserta, atlet-atlet difabel Indonesia masuk dalam 10 besar.

Mereka menempati posisi kesembilan dengan meraih sembilan medali emas, 11 perak dan 18 perunggu. Prestasi yang patut dibanggakan terlebih lagi kontingen Indonesia tidak memiliki alat latihan yang memadai.

3 dari 6 halaman

Persipura Jayapura

2. Persipura Jayapura

Persipura Jayapura menjadi klub pertama yang menorehkan tinta emas di pentas Asia. Mereka tim pertama yang melangkah hingga babak semifinal AFC Cup 2014.

Di babak penyisihan, Mutiara Hitam --sebutan Persipura-- keluar sebagai juara Grup E dengan meraih 11 kemenangan dengan mengantingi tiga kemenangan, dua hasil imbang dan sekali kekalahan.

Langkah Boaz Salossa dan kawan-kawan terhenti di babak semifinal. Persipura kalah dari Al-Qadsia dengan skor agregat 10-2.

4 dari 6 halaman

Timnas Indonesia U-23

3. Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 yang diragukan bisa berbicara banyak di ajang Asian Games 2014, Incheon, Korea Selatan berhasil membungkam mulut yang meragukannya.

Tim besutan Aji Santoso itu bisa lolos dari babak penyisihan sebagai runner-up. Sayang, Timnas U-23 kalah telak 1-4 daro Korea Utara di babak 16 besar.

Meski tersingkir, Garuda Muda berhasil mencapai target yang diberikan PSSI, yakni masuk 16 besar.

5 dari 6 halaman

POM ASEAN

4. POM ASEAN

Kontingen tuan rumah Indonesia merebut posisi puncak pengumpul medali emas di menit akhir dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) ASEAN di Palembang, Sumatera Selatan.

Indonesia mengumpulkan 57 emas, 68 perak dan 43 perunggu. Mahasiswa-mahasiswa Indonesia menyalip Thailand yang mengoleksi 50 emas, 31 perak dan 20 perunggu.

6 dari 6 halaman

All England

5. All England

Tim bulutangkis Indonesia berjaya di Eropa. Dua tim ganda Indonesia mempersembahkan medali emas di All England 2014.

Di ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berhasil mengalahkan Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa dengan skor 21-19 dan 21-19.

Sedangkan di ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir membungkam Zhang Nan/Zhao Yunlei dengan dua set langsung, yakni 21-13 dan 21-17.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini