Sukses

Data Statistik Setengah Musim La Liga Spanyol, Siapa Terbaik?

Cristiano Ronaldo atau Messi yang unggul di catatan statistik?

Liputan6.com, Madrid: Kompetisi La Liga Spanyol sudah merampungkan setengah musim kompetisi pekan lalu. Para pemain La Liga saat ini sedang menikmati libur Natal dan Tahun Baru bersama keluarga dan kekasih.

Hingga pekan ke-16, Real Madrid yang baru bermain 15 laga masih kokoh bercokol sebagai penghuni puncak klasemen La Liga Spanyol dengan 39 poin atau unggul 1 poin dari Barcelona di posisi dua.

Meski belum genap tanding 19 laga, tapi sudah terdapat catatan statistik menarik dari 16 laga tersebut. Seperti dilansir whoscored.com, penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo unggul dalam beberapa parameter statistik seperti jumlah gol, assist dan tembakan.

Ronaldo mendominasi dan mampu mengalahkan Lionel Messi yang hanya unggul jumlah rata-rata dribel per laga. Whoscored yang mengambil data opta pun menyebutkan nama-nama pemain lain dalam beberapa parameter statistik lainnya.

Lanjut ke halaman berikutnya untuk statistik lengkap---->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nama Lain

Ronaldo jadi raja dalam segala hal hingga 16 laga La Liga. Dia mendapatkan poin 9,13 secara keseluruhan untuk penampilan ciamiknya musim ini di La Liga Spanyol. Lihat saja, baru 15 pertandingan, Ronaldo sudah cetak 25 gol!

Itu artinya, Ronaldo mencetak 1,6 gol per laga. Sedangkan Messi mencetak 15 gol dari 16 laga atau 0,93 gol per laga. Perbedaan yang cukup jomplang! Jika Ronaldo mampu konsisten mencetak gol seperti itu di sisa 23 laga berikutnya, "CR&" bisa saja menyamai 50 gol Messi di musim 2011/12.

Ada pula nama-nama lain yang masuk dalam peraih rata-rata terbaik di parameter statistik yang dipakai opta seperti A Lopo, Busquets, Toni Kroos dan Koke.

Ingin lihat data statistik lengkap? Bisa lihat di infografis dibawah ini yang diambil dari opta:

image

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.