Sukses

5 Bintang Sepak Bola Indonesia yang Pamornya Meredup

Siapa saja para bintang sepak bola Indonesia yang sudah kurang greget lagi?

Liputan6.com, Jakarta: Sepak bola selalu memunculkan pemain bintang. Pemain seperti ini biasanya gampang menjadi idola fans karena kehebatan dan juga kontribusi pemain bintang tersebut kepada tim yang dibela.

Sepak bola Indonesia pun sudah melahirkan sejumlah pemain bintang yang sudah "mengena" di hati fans sepak bola Indonesia. Tak hanya berposisi sebagai striker, winger dan bek pun bisa menjadi bintang. Selain itu biasanya, pemain yang sudah dipanggil timnas sangat mudah dicap menjadi bintang.

Soalnya, cap "pemain timnas" kerap menjadi modal untuk mendapatkan popularitas. Seiring bakal bergulirnya ISL 2015 Februari nanti, pemain bintang pasti menjadi sorotan.

Namun diantara pemain bintang yang ada, ada pula pemain yang pamornya meredup bahkan bisa disebut menghilang. Waktu membuat nama mereka sudah tak favorit lagi di mata fans sepak bola Indonesia.

Siapa saja mereka? Berikut Liputan6.com mencoba untuk merangkumnya dalam 5 halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Aliyudin

1.Aliyudin

Siapa yang tak kenal Aliyudin? Pemain mungil yang beroperasi sebagai striker ini sangat akrab dengan The Jakmania, fans Persija Jakarta. Memulai karier sepak bola profesional di PS Indocement Cirebon pada 1998, nama Aliyudin berkibar ketika membela "Macan Kemayoran" pada 2007 sampai 2011 lalu.

Bersama Persija, Aliyudin cukup produktif. Duetnya dengan Bambang Pamungkas kala itu menjadi salah satu duet tersubur di Liga Indonesia. Pers Indonesia pun memberikan julukan trio ABG saat Greg Nwokolo gabung Persija di 2010. Sayang, Ali, panggilan akrabnya belum bisa mempersembahkan gelar untuk Persija.

Namun setelah meninggalkan Persija, nama Aliyudin seakan meredup. Sempat hijrah ke Persib Bandung dan Sriwijaya FC pada 2012 dan 2013, Aliyudin sulit mendapatkan tempat utama. Aliyudin pun kembali berkiprah ke kota kelahirannya Bogor bersama Persikabo sekarang. Penyerang berusia 34 tahun ini sepertinya akan menghabiskan karier bersama Persikabo.

3 dari 6 halaman

Saktiawan Sinaga

2.Saktiawan Sinaga

Inilah salah satu anak medan yang bersinar di sepak bola Indonesia. Kehebatan striker berusia 32 tahun ini terlihat saat membela PSMS Medan pada 2004-2008. Kala itu, dia menjelma menjadi salah satu striker produktif sehingga tak pelak dipanggil pelatih timnas senior Ivan Kolev untuk mengikuti Piala Asia 2007.

Melanjutkan karier ke Persik Kediri pada 2008-2010, kehebatan Sakti, panggilan akrabnya belum memudar. Tapi dalam beberapa musim terakhir, nama Sakti nyaris tak terdengar. Sakti terakhir bergabung dengan Mitra Kukar pada ISL musim 2011/12. Namun ternyata, Sakti tak berkembang dengan klub asal Kalimantan Timur itu.

Musim ini, Sakti dikabarkan sudah dibidik klub ISL, Perseru Serui. Tapi berdasarkan berita yang berkembang di media, Sakti dikabarkan kembali ke PSMS untuk memperkuat klub asal Sumut itu di Divisi Utama 2015.

4 dari 6 halaman

Budi Sudarsono

3.Budi Sudarsono

Salah satu bintang di sepak bola Indonesia yang kini sudah meredup pamornya. Boleh disebut seangkatan dengan Bambang Pamungkas, tapi nama Budi Sudarsono tak "selaku" Bepe yang hingga kini masih saja diminati tim-tim besar ISL.

Memulai karier bersama Persebaya Surabaya pada 1999, Budi Sudarsono sudah malang melintang dengan klub-klub besar di Indonesia. Persija Jakarta, Persib Bandung, Sriwijaya FC adalah beberapa nama klub yang pernah dibelanya selama berkarier di sepak bola. Terakhir, dia membela Persikabo Kabupaten Bogor sejak 2013 lalu.

Budi pun sudah pernah menjadi juara bersama Persija di 2001 dan Sriwijaya FC di Copa Indonesia pada musim 2008/09 lalu. Dia juga pernah menjadi top skor Piala AFF 2008. Tapi kemana sekarang Budi? Konon cedera yang sempat membebatnya membuat permainan Budi menurun.

5 dari 6 halaman

Oktovianus Maniani

4.Oktovianus Maniani

Oktovianus Maniani adalah salah satu talenta emas yang berasal dari Papua. Mengidolakan Elie Aboy, Okto pun bermain di posisi yang sama dengan idolanya itu yaitu winger kanan.

Okto mulai mendapatkan popularitas saat membela PSMS Medan. Dia bahkan turut membawa PSMS Medan lolos ke perempat final AFC Cup pada 2009 lalu. Sejak itu, Okto pun langganan masuk timnas senior atau timnas U-23.

Namun belakangan, nama Okto mulai tak terdengar. Musim lalu bersama Perseru Serui, dia bahkan hanya tampak bermain beberapa kali saja. Dia dikabarkan bermasalah dengan manajemen Perseru.

Karena masih berusia muda, 24 tahun, Okto masih punya kesempatan untuk kembalikan pamornya. Musim ini, dia dikabarkan sudah dikontrak Pusamania Borneo FC untuk ISL 2015. Bisakah Okto kembali bersinar seperti dulu?

6 dari 6 halaman

Gunawan Dwi Cahyo

5.Gunawan Dwi Cahyo

Nama Gunawan Dwi Cahyo mulai berkibar saat membela PSIS Semarang pada 2008 lalu. Berkat kehebatannya di lini belakang, Gunawan pun dikontrak Persik Kediri pada 2009 sampai 2010.

Hingga pelatih Alfred Riedl pun memanggil dia untuk memperkuat timnas di Piala AFF 2010 lalu. Popularitas Gunawan meroket bahkan dia pun mendapatkan jodoh yaitu janda Pasha Ungu, Okie Agustina. Musim lalu, Gunawan memperkuat Mitra Kukar. Tapi aksi dan kiprah pemuda berusia 25 tahun ini nyaris tak terdengar.

Beberapa hari lalu, Gunawan merapat ke Persija dan ikut latihan dengan pasukan yang dilatih Rahmad Darmawan tersebut. Tapi RD belum memastikan apakah bakal merekrut Gunawan atau tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.