Sukses

PSSI Sahkan Statuta Baru Soal Kompetisi di Kongres Tahunan

Piramida kompetisi berubah dari empat menjadi tiga.

Liputan6.com, Jakarta - PSSI menggelar Kongres tahunan pada 4 Januari 2014 mendatang. Mengubah statuta terkait jenjang kompetisi menjadi agenda besar dalam Kongres di Hotel Borobudur, pekan depan.

Sekretaris Jendral PSSI, Joko Driyono menjelaskan, piramida kompetisi sebelumnya terbagi menjadi empat starta, yaitu ISL, Divisi Utama, Divisi Satu dan amatir. Namun, penghapusan Divisi Satu membuat susunan piramida kompetisi berubah.

"Perubahan statuta soal sistem kompetisi akan disahkan dalam Kongres nanti. Sebelumnya, kami memakai empat strata, kini menjadi tiga (ISL, divisi utama, dan amatir)," ujar Joko ketika dihubungi Liputan6.com.

Selain mengubah statuta, PSSI bakal mengevaluasi laporan keuangan termasuk menyusun rencana kerja pada 2015 termasuk soal budgeting dan pemantapan bentuk strategi prioritas PSSI, "Termasuk di dalamnya reformasi kompetisi amatir, reformasi di level pengurusan Asosiasi Pengurus Provinsi dan program pengembangan sepakboal di tiga elemen: pemain, wasit, dan pelatih," Joko melanjutkan.

Joko memastikan sebanyak 108 peserta Kongres akan hadir, terdiri dari 18 klub Dalam kongres nanti ada 108 peserta yang menghadiri, terdiri dari 18 klub Indonesia Super League (ISL), 16 klub Divisi Utama (DU), 14 klub terbaik Divisi I, 22 klub Divisi II (Piala Nusantara), 33 Asprov PSSI.

Selain itu masih ada lima orang lagi perwakilan dari asosiasi futsal, wasit, pemain, pelatih, sepakbola wanita yang akan menghadiri kongres tersebut.

Pria berkacamata itu memastikan, pihaknya telah memenuhi semua tata cara sebelum menggelar Kongres. Salah satunya, menyebar undangan 4 pekan sebelum Kongres. "Semua prosedur telah kami jalankan," ucapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.