Sukses

Otomotif 2014: Era Keemasan Marc Marquez dan Hamilton

Tahn 2014 jadi masa keemasan Marquez yang menorehkan banyak rekor.

Liputan6.com, Jakarta- Tahun 2014 bisa dibilang merupakan tahunnya Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda itu mampu mempertahankan gelar juara dunia MotoGP. Yang lebih spesial, Marquez meraihnya dengan memecahkan banyak rekor.

Pemuda Spanyol itu begitu merajai MotoGP 2014. Sejak seri perdana di  Doha, Qatar pada 23 Maret 2014, Marquez selalu mampu berada di podium pertama hingga seri 10 secara beruntun.

Dominasi Marquez baru bisa dipatahkan di seri 11 di Republik Ceko. Pembalap yang meruntuhkan dominasinya pun masih berasa dari tim yang sama yakni Dani Pedrosa.

Marquez bangkit di seri berikutnya. Dia menang di Silverstone Inggris. Pada seri ini Marquez terlibat persaingan snegit dengan Jorge Lorenzo. Keduanya bahkan beberapa kali sempat bersenggolan.

Baby Alien akhirnya bisa mengunci gelar juara dunia di seri 15 di Motegi, Jepang, 12 Oktober 2014. Pada seri ini Marquez sebenarnya tidak finis di posisi pertama karena kalah bersiang dengan Lorenzo.

Namun gelar juara dipastikan menjadi milik Marquez karena berhasil mendapat 20 poin dengan finis di urutan dua. Perolehan poinnya sudah tidak bisa dikejar lagi oleh Valentino Rossi dan Pedrosa. (lanjut ke halaman berikutnya)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Demi Rekor

Walau sudah menjadi juara dunia kakak Alex Marquez ini masih tetap serius melakoni balapan tersisa. Dia punya misi lain yakni mematahkan rekor milik legenda balap Mike Doohan.

Doohan mampu memenangi 12 balapan dalam satu musim di tahun 1997. Target Marquez tercapai. Dia memenangi dua balapan terakhir di Sepang dan Valencia.

Nama Marquez pun tercatat di buku sejarah mengungguli rekor Doohan yang sudah bertahan lama.

Sepanjang musim 2014, Marquez beberapa kali memecahkan rekor. Berikut rekor penting yang dibuat Marquez musim lalu.

-Marquez menjadi pembalap termuda sepanjang masa yang mampu menjuarai kelas premier dua kali berturut-turut pada usia 21 tahun 237 hari. Dia mengalahkan rekor milik Mike Hailwood yang menjuarai kelas 500cc pada tahun 1963 di usia 23 tahun 152 hari.

- Marquez merupakan pembalas Spanyol pertama yang mampu jadi juara dunia dua kali beruntun di kelas para raja.

-Sepanjang 2014, Marquez menjadi pembalap pertama sejak Giacomo Agostini di tahun 1970 yang memenangi 10 balapan awal di kelas teratas.

- 10 kemenangan beruntun Marquez di musim 2014 menjadi rekor baru kemenangan beruntun terbanyak di kelas MotoGP.

- Pada tahun 2014 Marquez juga menjadi pembalap termuda yang memenangkan seri balap MotoGP 10 kali beruntun di usia 21 tahun 174 hari, melewati rekor Hailwood (24 tahun 94 hari).

- Marquez menjadi pembalap Honda pertama yang memastikan gelar juara dunia di Sirkuit Motegi, yang dimiliki oleh Honda.

- Dengan tiga seri tersisa di tahun 2014, Marquez sudah 11 kali berdiri di podium teratas. Dengan demikian dia menyamai rekor kemenangan terbanyak milik Rossi yang dicatat di tahun 2002 dan 2005.

3 dari 3 halaman

Akhir Dominasi Vettel, Awal Kejayaan Hamilton

Beralih di Formula One, dominasi Sebastian Vettel akhirnya terhenti. Pembalap Mercedes Lewis Hamilton yang berhasil menjadi juara dunia.

Di tahun 2014 ini, Mercedes sangat mendominasi F1. Hamilton menjadi juara dunia setelah memenangi persaingan melawan rekan setimnya Nico Rosberg.

Vettel sendiri tidak bisa berbicara banyak di tahun ini. Pembalap Red Bull ini cuma finis di posisi lima. Musim 2014 juga menandai akhir kerjasama Vettel bersama Red Bull.

Pembalap asal Jerman itu musim depan akan memperkuat Ferrari. Vettel menggantikan Fernando Alonso yang dilepas dan pindah ke McClaren.

Ferrari berharap kehadiran Vettel akan mengakhiri paceklik gelar. Ferrari ingin mengulang sukses saat memakai jasa pembalap asal Jerman, Michael Schumacher.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini