Sukses

Catatan Akhir Tahun: Duo Spanyol Rajai Eropa

Musim lalu Liga Champions dan Europa League didominasi klub asal Spanyol.

Liputan6.com, Jakarta Setelah menjadi yang terkuat di Eropa bahkan dunia, Spanyol kembali menunjukkan dominasinya lewat kompetisi  sepak bola antarklub tertinggi di Eropa musim 2013-2014. Dua tim asal negeri Matador, Real Madrid dan Sevilla, sukses menjuarai Liga Champions dan Europa League.

Madrid berhasil memenangi gelar Liga Champion ke-10. Los Blancos sukses meraih La Decima dengan mengalahkan rival satu kota Atletico Madrid di partai final.

Laga final Madrid kontra Atlético harus diselesaikan dengan babak perpanjangan waktu setelah Sergio Ramos menyamakan kedudukan pada menit ke-93. Kemenangan Madrid kemudian ditentukan gol-gol dari Gareth Bale, Marcelo, dan Cristiano Ronaldo.

Laga pemuncak yang diselenggarakan di Stadion da Luz, Lisbon, Portugal ini, menjadi final kelima yang mempertemukan dua klub dari liga yang sama. Pertandingan ini juga jadi yang pertama kalinya mempertemukan antara dua klub satu kota dalam final Liga Champions UEFA.

El Real, yang di semifinal mengalahkan juara bertahan Bayern Muenchen, dengan hasil ini berhasil menambah rekor sebagai peraih gelar juara Eropa paling banyak.

Perjalanan Madrid pada Liga Champions musim 2014/2015 juga bisa dibilang mulus. Iker Casillas dan kawan-kawan sudah memastikan lolos ke babak 16 besar setelah melakukan sapu bersih di fase grup.

Di pentas Europa League, tim Spanyol lainnya, Sevilla, berhasil menjadi juara usai mengalahkan Benfica di partai puncak. Anak asuh Unai Emery memboyong piala ke Spanyol setelah menang adu penalti setelah dua kesebelasan bermain imbang tanpa gol.

Pada musim ini, sebagai juara bertahan mereka tergabung dalam grup bersama Feyenoord, Standard de Liege, dan HNK Rijeka. Fase grup menjadi tahap awal mereka untuk mempertahankan gelar yang direbut pertengahan tahun ini.

Baca halaman selanjutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berubah Nama

Liga Champions UEFA 2013–14 menjadi musim ke-59 bagi penyelenggaraan turnamen antar klub sepak bola tertinggi di Eropa yang diselenggarakan oleh UEFA. Dan ini menjadi yang ke-22 setelah perubahan nama dari Piala Champions menjadi Liga Champions UEFA.

Turnamen yang digelar sejak 2 Juli 2013 (babak kualifikasi) hingga 24 Mei 2014 secara keseluruhan diikuti 76 tim dari 52 asosiasi. Jumlah pertandingan yang digelar sebanyak 125 laga, dengan jumlah gol 362 (2.9 per pertandingan). Sementara jumlah penonton mencapai 5.712.646 (45.701 per pertandingan).

Baca Juga:

Catatan Akhir Tahun Liga Inggris: Roller Coaster MU dan Liverpool

Hamil, Istri Peter Crouch Pamer Payudara di Dubai

Siapa 4 Striker Impor yang Bersaing Masuk Persib Bandung?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.