Sukses

SCM Cup 2015, Ajang Persiapan Tim Hadapi ISL 2015

Beberapa klub besar yang akan berlaga di ISL akan turun bertanding memperebutkan trofi bergengsi ini

Liputan6.com, Jakarta - Turnamen Surya Citra Media (SCM) Cup akan segera digelar. Turnamen ini akan dijadikan sebagai ajang pemanasan bagi tim-tim peserta Indonesia Super League (ISL) 2015. Pasalnya, beberapa klub besar yang akan berlaga di ISL akan turun bertanding memperebutkan trofi bergengsi ini.

SCM Cup 2015 diikuti delapan tim papan atas Liga Super Indonesia. Turnamen ini akan bergulir dalam sepuluh hari pada 13 hingga 23 Januari 2014.

Delapan tim tersebut akan terbagi menjadi dua grup. Nantinya, dua tim yang berhasil meraih poin terbanyak akan lolos dari fase grup untuk berlaga di babak semifinal.

Di Grup A berisi empat klub tangguh yakni Semen Padang, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta dan Sriwijaya FC. Sedangkan di Grup B, Arema Cronus akan bersaing dengan Mitra Kukar, Persela Lamongan dan Persipura Jayapura.

Setiap harinya, SCM Cup bakal menggelar dua pertandingan pada pukul 15.15 WIB dan 18.30 WIB. SCTV dan Indosiar menjadi stasiun televisi yang bakal menyiarkan SCM Cup. Sedangkan Liputan6.com bakal menyiarkan semua pertandingan secara live streaming.

Jadi, jika dilihat dari kekuatan tim peserta maka ajang ini akan menjadi turnamen penting bagi persiapan klub-klub jelang ISL 2015, berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Persija Jakarta dan Semen Padang

Persija jakarta

Persija Jakarta tampaknya menatap serius gelaran ISL 2015. Bagaimana tidak, sepuluh pemain diboyong untuk mengisi skuat Macan Kemayoran.

Berlaga di SCM Cup akan sangat berguna bagi Persija Jakarta untuk menerapkan taktik dan strategi juga menyatukan sepuluh pemain baru Persija Jakarta.

Semen Padang

Kegagalan Semen Padang menembus babak semifinal ISL 2014 tampaknya membuat manajemen Kabau Sirah berbenah.

Mendatangkan beberapa nama baru seperti Irsyad Maulana dan Vendry Mofu akan membuat Semen Padang memiliki kekuatan tambahan, dan ajang SCM Cup akan berguna bagi Semen Padang menguji seberapa hebat pemain barunya tersebut terlebih saat ini Herman Djumafo Epandi juga mengisi lini depan skuat asuhan Jafri Sastra.

3 dari 5 halaman

Sriwijaya dan Semen Padang

Sriwijaya FC

Sriwijaya merupakan salah satu klub yang paling serius menatap ISL 2015. Itu dibuktikan setelah mereka mendatangkan pemain berkelas seperti Patrich Wanggai, Titus Bonai serta pemain terbaik ISL 2014, Ferdinand Sinaga.

Namun, ketiga penyerang tersebut terkenal dengan sikap indisipliner, dan SCM Cup bisa menjadi turnamen yang tepat untuk menguji kekompakan tiga penyerang itu.

Persebaya Surabaya

Berisi tujuh pemain eks skuat timnas U-19, Persebaya Surabaya menatap ISL 2015 dengan skuat yang sangat muda. Meski pemain-pemain tersebut berpotensial namun tidak sedikit yang menilai bahwa kebijakan merekrut banyak pemain muda akan jadi bumerang untuk Bajul Ijo.

SCM Cup 2015 akan sangat berguna bagi persebaya untuk membuktikan bahwa penilaian orang-orang tersebut salah.

4 dari 5 halaman

Arema Cronus dan Mitra Kukar

Arema Cronus

Ditinggal beberapa pemain bintang membuat kekuatan Arema Cronus kemungkinan berkurang. Nama gelandang kreatif, Gustavo Lopez dan penyerang asal Brasil, Alberto "Beto" Goncalvez sudah tak akan berseragam Singo Edan musim depan. Namun, kedatangan bek tangguh Persija, Fabiano Beltrame bisa menjadi kekuatan baru Arema.

Kendati demikian, Arema juga kedatangan dua penyerang baru yaitu Sengbah Kennedy dan Abblode Yao Rudy yang akan membuktikan dirinya di SCM Cup sebagai pengganti sepadan Beto di lini depan Singo Edan.

Mitra Kukar

Mitra Kukar musim ini mencoba untuk memboyong beberapa pemain timnas  U-19 seperti Ravi Murdianto, Septian David Maulana, Gavin Kwan Adsit dll.

Dan, diajang SCM Cup 2015 akan menjadi turnamen yang baik untuk Mitra Kukar menguji kebijakan merekrut beberapa pemain timnas U-19 sebelum mengarungi kerasnya ISL 2015.

5 dari 5 halaman

Persela Lamongan dan Persipura Jayapura

Persela Lamongan

persela Lamongan memang tidak terlalu aktif di bursa transfer saat ini. Tercatat mereka hanya merekrut beberapa pemain muda dari skuat Arema U-21 dan juga Persela U-21.

Laskar Joko Tingkir mungkin tidak berharap banyak pada SCM Cup 2015, namun ia tetap bisa menjadi kandidat kuda hitam setelah musim lalu secara mengejutkan mampu menembus babak delapan besar.

Persipura Jayapura

SCM Cup mungkin menjadi ujian besar bagi persipura Jayapura. Pasalnya, ini merupakan ajang resmi pertama tim berjuluk Mutiara Hitam tanpa diperkuat kiper andalannya Yoo Jae Hun. Gempuran-gempuran dari para tim peserta akan menjadi ujian tersendiri bagi pertahanan Persipura yang tetap akan dikawal Bio Phauline.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini