Sukses

Akhirnya, Madrid Terima Keputusan UEFA

Real Madrid akhirnya bersedia menerima keputusan UEFA yang melarang mereka mendaftarkan sekaligus Lassana Diarra dan Klaas Jan Huntelaar sebagai tambahan di skuad Liga Champions. Madrid juga tidak jadi mengajukan banding ke CAS.

Persoalan pendaftaran Klaas-Jan Huntelar dan Lassana Diarra sebagai bagian dari skuad Liga Champions Real Madrid sempat mengundang polemik. UEFA tidak mengizinkan Madrid mendaftarkan sekaligus kedua pemain barunya tersebut di skuad Liga Champions karena sebelumnya baik Huntelaar maupun Lass sudah pernah bermain di ajang Piala UEFA di musim yang sama. Kubu Madrid tidak tinggal diam, mereka disinyalir akan melakukan banding lewat Badan Arbitrasi Olahraga (CAS) (Baca: UEFA Menolak, Madrid Bakal Banding).

Ternyata hal tersebut tidak jadi direalisasikan kubu Los Merengues. UEFA, pada Selasa (27/1) mengumumkan kalau Madrid telah menerima keputusan kalau hanya salah satu di antara kedua pemain barunya yang dapat didaftarkan untuk Liga Champions. Kesepakatan ini tercapai setelah dilangsungkannya pertemuan antara Presiden UEFA, Michel Platini, dan Presiden Madrid, Vicente Boluda.

“Selama pertemuan, baik UEFA dan Real Madrid telah menjelaskan posisi masing-masing terkait masalah ini, dalam semangat keterbukaan dan saling menghormati. Dari pertemuan tersebut, dan atas saran dari Presiden UEFA untuk mempertimbangkan kembali posisinya, Real madrid telah memutuskan untuk membatalkan banding mereka terhadap CAS dan menerima keputusan UEFA yang telah diambil pada 13 Januari 2009,” demikian pernyataan resmi UEFA seperti tercantum dalam situs resminya.

Platini sendiri mengaku menaruh hormat pada Madrid, serta menghargai cara klub tersebut menangani masalah.

“Ini bukanlah kejutan bagiku. Real Madrid adalah klub paling sukses di sepakbola Eropa, pemegang ekor sepanjang masa di Liga Champions UEFA dan memiliki tradisi yang hebat. Hal ini tidak berpengaruh pada berlangsungnya Liga Champions musim ini, namun mereka memiliki keyakinan yang baik, serta mendapat kesempatan yang bagus untuk mendiskusikannya dengan badan UEFA yang berkompeten mengenai artikel 17.18 pada regulasi Liga Champions musim ini, yang mungkin harus diamandemen di musim-musim mendatang,” ujar Platini.

Dengan demikian, Madrid harus memilih di antara Huntelaar atau Diarra di akhir bulan, dan mendaftarkannya pada UEFA. Sebelumnya, Madrid memang ngotot agar dapat mendaftarkan kedua pemain ini, namun tak pernah ada hasil positif dari sikap keukeuh mereka.

Huntelaar sendiri sebelum didatangkan ke Madrid mengaku tidak mengetahui adanya peraturan tersebut. Namun, dengan adanya pernyataan ini, kemungkinan besar ia harus menelan pil pahit. Sebab, dilihat dari kontribusi pada beberapa laga terakhir, peluang Lass untuk menjadi tambahan skuad Liga Champions Madrid jauh lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini