Sukses

3 Alasan Arsenal Cemerlang di Eropa Ketimbang di Liga Inggris

Setengah musim telah dilalui Arsenal di Liga Inggris dan tiket babak 16 besar Liga Champions juga sudah mereka genggam.

Liputan6.com, London - Setengah musim telah dilalui Arsenal di Liga Inggris dan tiket babak 16 besar Liga Champions juga sudah mereka genggam.

Namun, penampilan tim besutan Arsene Wenger di dua kompetisi tersebut seperti memiliki dua nyawa yang berbeda. The Gunners melalui setngah musim Kompetisi Liga Premier Inggris dengan tidak begitu mulus.

Hingga matchday ke-20, Arsenal bertengger di peringkat enam, dengan pencapaian sembilan kemenangan, enam kali seri, serta lima kali menelan kekalahan.

Meski telah memiliki amunisi baru, semisal Alexis Sanchez dan Danny Welbeck, tampaknya penampilan musim lalu mereka masih lebih baik dari sekarang. Tapi, hal itu berbanding terbalik di Liga Champions.

Selain kekalahan tandang dari Borussia Dortmund pada penyisihan grup, Arsenal tak terkalahkan di Liga Champions. Welbeck dan kawan-kawan juga hanya sekali mendapatkan hasil imbang 3-3 kala melawan Anderlecth.

Para penggemar Arsenal tentu bingung, mengapa tim kesayangan mereka bisa menunjukkan performa yang berbeda di dua kompetisi yang diikutinya?

Berikut Liputan6.com telah merangkum untuk pembaca, tiga alasan Arsenal lebih baik di Liga Champions ketimbang di Liga Premier Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Taktik

Sejak melatih Arsenal pada 1996, manajer Arsene Wenger sukses besar di sembilan tahun awalnya dengan memboyong tujuh trofi. Namun, sembilan tahun terakhir ini, pria asal Perancis tersebut hanya mempersembahkan satu piala FA.

Penurunan prestasi The Gunners bisa didasari berbagai faktor, salah satunya mungkin taktik yang dipakai Wenger sudah sangat terbaca oleh tim-tim di Liga Premier. Meski Wenger bisa memakai tiga formasi yang berbeda dalam satu musim, tetap saja filosofinya telah melekat sebagai pengetahuan umum dalam sepak bola Inggris. Anda setuju?

3 dari 4 halaman

2. Kecepatan

Para pemain yang merumput di Eropa mengakui jika Liga Inggris menuntut kecepatan dan fisik. Beberapa tahun belakangan, tim yang memenangkan gelar adalah tim yang mampu mempraktekkan serangan balik cepat.

Wenger beruntung memiliki pemain-pemain cepat, seperti contohnya Theo Walcott, yang tengah absen panjang. Kehilangan Walcott memang membuat rata-rata kecepatan tim menurun. Klub di luar Inggris lebih cenderung bertahan ketika berhadapan dengan Arsenal. Alhasil, mereka pun menjadi mangsa empuk Meriam London.

4 dari 4 halaman

3. Tekanan Tim

Faktor luar lapangan yang berpengaruh pada penampilan Arsenal di Liga Inggris adalah tekanan yang didapat para pemain. Sebelum memenangi Piala FA tahun lalu, tim ini puasa gelar selama sembilan tahun.

Minimnya prestasi di liga bisa dimengerti dari sisi kekuatan finansial. Arsenal kalah jauh dengan klub kaya macam Manchester City dan Chelesea, hingga harus mengoptimalkan pemain yang ada.

Pemain penting seperti Jack Wilshere, yang belum pernah memenangkan trofi bergengsi pasti merasakan tekanan yang ada di Emirates.

Tak diunggulkan di liga domestik, membuat The Gunners juga dicap under dog di babak 16 besar Liga Champions. Namun, bisa jadi Alexis dan kawan-kawan malah bisa tampil lepas di pentas Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris