Sukses

6 Bintang yang Kariernya Meredup Usai Gabung Chelsea

Siapa saja 6 pemain yang dimaksud?

Liputan6.com, London: Entah kebetulan atau tidak, beberapa pemain bintang yang bergabung dengan Chelsea mengalami penurunan prestasi di kariernya. Contoh teranyar bisa dilihat dari Fernando Torres. Diboyong dengan banderol 50 juta pounds dari Liverpool oleh Chelsea, Torres malah tidak tajam.

Pemain yang berjulukan "El Nino" ini kurang tajam lagi sejak gabung Chelsea meski berhasil menggamit beberapa gelar prestisius. Selama 4 musim di Chelsea, Torres hanya mampu mencetak 46 gol di semua kompetisi yang diikutinya bersama "The Blues". Padahal saat berkostum Atletico dan Liverpool, Torres minimal mencetak minimal 15 gol per musim.

"Kutukan" gabung Chelsea juga menimpa 5 pemain bintang Eropa lainnya. Ingin tahu siapa saja? Berikut Liputan6.com coba menguraikannya dalam 6 halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1.Claudio Pizarro

1.Claudio Pizarro

Striker Bayern Muenchen asal Peru ini sedang menikmati masa kejayaannya selama 6 musim di klub asal Jerman ini pada 2007 lalu. Di raksasa Jerman itu, Pizarro berhasil mencetak 71 gol dari 174 kali penampilan.

Namuns setelah diboyong Chelsea pada 2007 dengan status bebas transfer, kariernya menurun drastis. Memang di awal-awal musim, Pizarro mampu tampil meyakinkan. Tapi setelah Chelsea memboyong Nicolas Anelka, Pizarro pun jarang dipakai lagi.

Hanya semusim di Chelsea, Pizarro dipinjamkan ke klub Jerman lagi Werder Bremen pada 2008. Di sini, Pizarro menemukan ketajaman sebelum akhirnya kembali gabung Muenchen pada 2012.

3 dari 7 halaman

2. Marko Marin

2. Marko Marin

Pemain asal Serbia ini dikenal sebagai salah satu pemain muda paling berbakat di Jerman. Chelsea pun memboyongnya pada 2012 dari Werder Bremen. Tapi Marin gagal bersinar dan hanya main 6 kali di Chelsea.

Dia pun lalu dipinjamkan ke Sevilla dan musim ini dipinjamkan kembali ke Fiorentina. Penampilan Marin belum membaik dan sepertinya bakal dijual secara permanen di Fiorentina.

4 dari 7 halaman

3. Gael Kakuta

3. Gael Kakuta

Gara-gara pemain ini, Chelsea harus dikenai larangan transfer oleh UEFA pada 2009 lalu. Ini dikarenakan Kalkuta belum mengakhiri kontrak dengan Lens saat gabung Chelsea 2007 lalu. Setelah masalah selesai, Kakuta yang digadang-gadang pemain masa depan Chelsea tidak kunjung mendapatkan menit bermain.

Sejak 2009, dia malah terus-terusan dipinjamkan ke klub lain hingga lima kali. Fulham, Bolton, Dijon, Vitesse, Lazio hingga Rayo Vallecano pernah dibelanya sebagai pemain pinjaman dari Chelsea.

5 dari 7 halaman

4. Fernando Torres

4. Fernando Torres

Seperti yang sudah disebutkan di pembukaan, Fernando Torres adalah salah satu bintang yang boleh dibilang kariernya "rusak" oleh Chelsea. Dibeli mahal yaitu 50 juta pounds dari Liverpool, Torres malah gagal tampil sebagai ujung tombak yang tajam. Bahkan di Chelsea, Torres beberapa kali membuang peluang emas di depan gawang.

Pemilik Chelsea, Roman Abramovich rupanya sudah tidak sabar dengan "kemandulan" Torres ini. Alhasil, dia pun dipinjamkan ke AC Milan untuk dua musim. Sebelum akhirnya dia dipinjamkan kembali ke Atletico Madrid. Kini status Torres adalah pemain pinjaman dari Milan. "I rossoneri" sudah mempermanenkan status Torres.

Milan sepertinya berharap Torres bisa kembali menemukan ketajaman dengan klub masa kecilnya, Atletico Madrid. Dengan demikian, bisa saja Milan kembali menjualnya dengan harga lebih mahal.

6 dari 7 halaman

5. Andriy Shevchenko

5. Andriy Shevchenko

Siapa yang tak kenal dengan Andri Shevchenko atau Sheva saat membela Dinamo Kyiv atau AC Milan. Kaki-kakinya seakan selalu siap menggelontorkan gol untuk klub itu.

Tak pelak klub kaya Chelsea pun memboyong Sheva dari Milan dengan transfer 43 juta euro pada 2006 lalu. Ternyata, karier striker asal Ukraina itu merosot tajam bersama Chelsea. Gawang seakan sangat sulit dibobolnya selama tiga musim membela Chelsea dari 2006 sampai 2009. Dia hanya mampu mencetak 9 gol dari 48 kali penampilan!

Alhasil, Sheva dipinjamkan kembali ke Milan pada 2008 sampai 2009. Sebelum akhirnya, striker berusia 38 tahun itu kembali ke klub lamanya, Dynamo Kyiv. Kini Sheva dikenal sebagai politisi.

7 dari 7 halaman

6. Yuri Zhirkov

6. Yuri Zhirkov

Winger asal Rusia ini menggemparkan Liga Inggris setelah diboyong Chelsea pada musim 2009/10 lalu. Dia diboyong dengan banderol 18 juta pounds. Chelsea kepincut boyong Zhirkov karena penampilan ciamiknya bersama CSKA Moscow.

Dia hanya bertahan selama dua musim di Chelsea sebelum akhirnya dijual ke klub rusia, Anzhi. Pada 2013, dia main untuk rival klub lamanya, Dynamo Moscow.

Baca Juga:

Jersey Nomor 19 Torres Terjual 222 Buah Per Jam!

Ekspresi "Bete" Messi & Neymar di Laga Real Sociedad vs Barcelona

Varane Isyaratkan Ingin Gabung 2 Klub Liga Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.