Sukses

7 Transfer Mengejutkan ISL 2015

Keputusan Ferdinand Sinaga hengkang ke Sriwijaya FC masuk daftar kejutan transfer ISL 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Hiruk-pikuk bursa transfer Indonesia Super League (ISL) 2015 melibatkan banyak nama pemain beken. Mulai dari Bambang Pamungkas, Ferdinand Sinaga, Zulham Zamrun hingga Rahmad Darmawan yang menjadi suksesor Benny Dollo di tim "Macan Kemayoran" musim depan.

Dari sekian banyak nama yang meramaikan pasar transfer, terdapat beberapa kejutan yang terjadi di bursa transfer kali ini. Kejutan terbesar tentu keputusan Ferdinand hengkang ke Sriwijaya FC walau baru saja sukses mengantarkan Persib Bandung juara ISL 2014.

Selain Ferdinand, ada lima pemain plus satu pelatih dengan nama besar yang membuat kejutan di bursa transfer kali ini. Siapa saja mereka ? Berikut Liputan6.com coba merangkumnya :

Baca halaman berikutnya -->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Ferdinand Sinaga

Ferdinand Sinaga (Persib Bandung ke Sriwijaya FC)

Ferdinand merasakan musim yang luar biasa meski hanya satu musim berkostum tim "Maung Bandung". Mantan pemain Semen Padang ini juga termasuk salah satu pilar penting dalam sukses Persib merengkuh gelar juara ISL 2014. Di akhir musim, ia pun didapuk sebagai Pemain Terbaik ISL 2014.

Diprediksi akan tetap berkostum Persib di ISL 2015, striker berkaki kidal ini secara mengejutkan hijrah ke Sriwijaya FC. Kabarnya, Ferdinand mengambil keputusan itu karena terlibat friksi dengan manajemen Persib.

Baca halaman berikutnya -->

3 dari 8 halaman

Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan (Persebaya Surabaya ke Persija Jakarta)

Sosok pelatih kelahiran Metro, Lampung sama sekali tidak diperkirakan sebelumnya akan pergi dari Persebaya Surabaya dan kembali melatih tim ibu kota Persija Jakarta.

Sepeninggal Benny Dollo, kandidat pelatih Persija musim depan justru mengarah kepada Dejan Antonic, Nilmaizar, dan Aji Santoso. 

Namun, ketiga pelatih di atas memilih tetap komit bersama tim yang mereka latih. Alhasil, Persija pun langsung bergerak cepat mengamankan RD-sapaan akrab Rahmad.

Baca halaman berikutnya -->

4 dari 8 halaman

Muhammad Roby

Muhammad Roby (Putra Samarinda ke Barito Putera)

Pemain pilar Putra Samarinda (sekarang bernama Bali United Pusam) ini masuk daftar transfer kejutan ISL musim depan. Hal itu tidak lepas dari keputusannya menerima pinangan Barito Putera.

Seusai memperkuat Pusam dan timnas di Piala AFF 2014, rumor yang beredar Roby akan berlabuh ke Persija Jakarta atau Arema Cronus. Namun, pemain yang memperkuat Pusam sejak tahun 2009 lalu itu memilih untuk memperkuat "Laskar Antasari".

Baca halaman berikutnya -->

5 dari 8 halaman

Fabiano Beltrame

Fabiano Beltrame (Persija Jakarta ke Arema Cronus)

Rumor bek tangguh asal Brasil ini akan hengkang ke klub lain sama sekali tidak terdengar saat dibukanya bursa transfer. Agaknya, hal ini disebabkan komitmen tim ibukota mempertahankan pemain yang sudah tiga musim berkostum di Persija ini.

Namun, mendadak isu Beltrame akan hengkang dari Persija. Barito termasuk salah satu klub yang ngebet mendapatkan pemain berusia 32 tahun, tapi justru Arema Cronus yang berhasil meminang Beltrame.

Baca halaman berikutnya -->

6 dari 8 halaman

Greg Nwokolo

Greg Nwokolo (Persebaya Surabaya ke Persija Jakarta)

Striker naturalisasi ini tampil lumayan bersama Persebaya. Ia mencetak 14 gol sepanjang ISL musim lalu walau kerap absen di beberapa pertandingan akibat dilanda cedera.

Meski dipercaya sebagai kapten tim, Greg rupanya memilih hengkang ke Persija dan menutup petualangan singkatnya bersama tim "Bajul Ijo". Persebaya pun kehilangan pemain depan lainnya lantaran Emmanuel Kenmogne sudah lebih dulu hengkang ke Kelantan FA.

7 dari 8 halaman

Zulham Zamrun

Zulham Zamrun (Mitra Kukar ke Persipura Jayapura)

Keputusannya hengkang ke Persipura bikin publik tercengang. Meski sempat berbincang dengan manajer tim "Mutiara Hitam" Rudy Maswi saat memperkuat timnas di Piala AFF 2014 lalu, publik sama sekali tidak memperkirakan Zulham akan bergabung dengan tim asal Papua itu.

Sebaliknya, banyak orang meyakini Persib adalah pelabuhan berikutnya bagi Zulham usai hengkang dari Mitra Kutai Kartanegara. Nyatanya, winger berusia 26 tahun menolak Persib dan memilih Persipura.

Baca halaman berikutnya -->

8 dari 8 halaman

Raphael Maitimo

Raphael Maitimo (Mitra Kukar ke Sriwijaya FC)

Sejak awal, Maitimo mengungkapkan dirinya tidak akan lagi berkostum Mitra Kukar di ISL 2015. Soal alasan dibalik keputusannya, pemain naturalisasi berdarah Belanda ini enggan membeberkannya.

Sempat dikabarkan jadi incaran semifinalis ISL 2014 Pelita Bandung Raya dan Bali United Pusam (sebelumnya bernama Putra Samarinda), Maitimo justru berlabuh ke Sriwijaya FC. Mantan pemain Bali Devata diikat selama satu musim oeh tim berjuluk "Laskar Wong Kito".

Baca juga :

8 Transfer Kontroversial Sepanjang Masa

6 Bek Cantik Pengawal Lini Pertahanan

Video Adu Jago Pemain Timnas U-23 Incar Mistar Gawang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.