Sukses

Persipura Mulus ke Perempat Final

Mengantongi kemenangan tiga gol di leg pertama, Persipura Jayapura tanpa ampun melibas Persema Malang di Stadion Gajayana, Rabu (4/3) petang. Kemenangan yang membuat Persipura melangkah ke perempat final Copa Indonesia dengan agregat 5-1.

Persipura Jayapura menjadi tim pertama yang berhasil lolos ke babak perempat final Copa Indonesia 2008-09. Keberhasilan yang diperoleh setelah di babak 16 besar, tim Mutiara Hitam menyingkirkan tim asal Divisi Utama, Persema Malang dengan agregat 5-1.

Menang telak tiga gol tanpa balas di leg pertama, Persipura tidak memberi ampun pada lawannya. Eduard Ivakdalam dkk mengandaskan perlawanan Persema 2-1 (0-0) di Stadion Gajayana, Malang, Rabu (4/3) petang. Tuan rumah yang tidak mau dipermalukan di depan pendukungnya sendiri unggul lebih dulu lewat gol Brima Pepito. Sedangkan Persipura berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Victor Igbonefo dan gol kemenangan dicetak Boaz Solossa.

Bermodal kemenangan telak, Persipura bermain dingin begitu babak pertama bergulir. Namun memasuki perlahan Persema mulai melancarkan serangan serius ke pertahanan tim tamu. Beberapa menit selepas kick-off peluang dimiliki Pepito. Sayang tendangan striker asal Sierra Leone ini terlalu lemah sehingga mudah diantisipasi kiper Persipura, Jandri Pitoy.

Persema terus meningkatkan gempuran. Persipura rapi membangun barisan pertahanan yang dimotori oleh Bio Paolin, Jack Komboy, dan Victor Igbonefo dan membuat penyerang-penyerang Persema kesulitan masih ke kotak penalti lawan.

Sebaliknya, Persipura justru mendapat peluang emas di menit ke-41. Handball yang dilakukan pemain belakang Persema, memaksa wasit memberikan hadiah penalti. Sayang seribu satu sayang, Boaz yang bertindak selaku eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangannya mampu ditepis kiper tuan rumah I Komang Putra.      

Di babak kedua, Pepito kembali membuka ancaman. Bedanya, aksi Pepito kali ini membuahkan hasil. Berawal dari sepak pojok Zaenal Ichwan, Pepito mampu mencetak gol satu menit selepas turun minum lewat tandukan keras ke sisi kiri gawang.

Masih tertinggal dua gol, Persema tidak mengendurkan serangannya. Namun Persipura yang memimpin puncak klasemen sementara Liga Super Indonesia (LSI) 2008-09 tidak mau tercoreng. Persipura meladeni serangan Persema yang membuat permainan berjalan terbuka.

Hasilnya, runner-up musim lalu itu berhasil menyamakan kedudukan lewat tandukan Igbonefo menit ke-76 memanfaatkan bola liar di depan gawang Persema. Tak puas pulang dengan hasil seri, Persipura kembali menjebol gawang Persema di menit ke-84.

Boaz membayar kekecewaan gagal mengeksekusi penalti. Striker timnas itu menjebol gawang Persema lewat tendangan terukur ke sisi kiri gawang. Meski mencoba mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada, Persema tak juga mampu mencetak gol. Hingga babak kedua berakhir, skor tak berubah 2-1 untuk Persipura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.