Sukses

Persija Terpeleset di Balikpapan

Persija Jakarta tidak bisa lagi menghindar dari kekalahan di putaran kedua Indonesia Super Liga (ISL) 2008-09. Berhadapan dengan Persiba Balikpapan, di Stadion Balikpapan, Sabtu (7/3) petang, Macan Kemayoran keok dengan skor 0-2 (0-2).

Akhirnya Persija Jakarta tidak mampu menghindar dari kekalahan dalam putaran kedua Indonesia Super Liga (ISL) 2008-09. Bertandang ke Stadion Balikpapan, Sabtu (7/3) petang, Macan Kemayoran menyerah ditangan Persiba Balikpapan 0-2 (0-2).

Ini merupakan kekalahan pertama Persija di putaran kedua. Akibat kekalahan ini asa Persija tertahan untuk mendekati posisi puncak. Kekalahan itu membuat Persija tidak beranjak dari posisi ketiga dengan 42 poin dari 21 kali penampilan.

Persiba sendiri akan kembali menjamu Persija pada 11 Maret 2009. Namun pertemuan berikutnya merupakan leg kedua babak 16 Besar Copa Indonesia 2008-09.

Gol pertama Persiba dicetak Gaston Castano di menit ke-10. Gaston berhasil memperdayai Hendro Kartiko lewat tandukannya memanfaatkan bola liar di depan gawang Persija. Seakan tak puas dengan keunggulan 1-0, Persiba tetap meningkatkan tempo permainan.

Hasilnya  tim Selicin Minyak kembali memaksa Hendro memungut bola dari gawangnya pada menit ke-35. Gol kedua tuan rumah dicetak sang kapten Elliu Sangelo. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persija mencoba mengejar. Namun absennya Abanda Herman, Aliyudin, Bambang Pamungkas dan Melkey Pekei membuat kekuatan Persija jauh menurun. Meski sempat menciptakan beberapa peluang, Persija tetap tak mampu mencetak gol hingga pertandingan usai.

Sementara itu di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, tuan rumah Deltras Sidoarjo berhasil memetik kemenangan vital dalam upaya menjauh dari zona degradasi. Menjamu PSIS Semarang, Deltras menang 2-1 (2-1).

Berkat kemenangan tersebut Deltras untuk sementara menjauh dari zona degradasi dengan koleksi 18 poin dari 22 kali bertanding. Pasukan M. Zein Alhadad menggusur Persita dari urutan ke-14. Meski punya poin yang sama, Deltras unggul dalam selisih gol.

Deltras sempat tertinggal lewat gol Basile Onambele menit ke-12. Lemahnya koordinasi di lini belakang Deltras dimanfaatkan Onambele di depan gawang. Deltras berupaya bangkit dan mencetak gol di menit ke-29 melalui Hermawan. Akan tetapi gol tersebut dianulir akibat offside.

Deltras akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui gol indah Junior di menit ke-32. Menerima bola di luar kotak penalti, tendangan setengah voli Junior melesat tanpa bisa dihentikan kiper PSIS, Basuki Setyabudi.

Momentum itu dimanfaatkan The Lobster untuk terus menekan. Dan dua menit kemudian gol penentu kemenangan lahir berkat cocoran kaki kanan Muhamad Kusen yang mendapat bola liar di dekat titik penalti. Kedua kesebelasan memperoleh kesempatan menambah gol namun sampai peluit akhir dibunyikan kedudukan 2-1 tetap tidak berubah untuk kemenangan Deltras.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.