Sukses

Irak Dampingi Jepang ke Perempat Final

Di babak selanjutnya, Jepang menghadapi Uni Emirat Arab, sedangkan Irak bertemu Iran.

Liputan6.com, Jepang akhirnya memastikan diri menjadi juara Grup D Piala Asia 2015 usai meraih kemenangan 2-0 atas Yordania di AAMI Park, Melbourne, Selasa (20/1/2015). Dengan hasil ini pula, tim Samurai Biru memastikan lolos ke babak perempat-final.

Sementara itu, harapan Yordania maju ke babak selanjutnya gagal karena hanya menempati urutan tiga di klasemen Grup D. Tim yang mendampingi Jepang lolos ke babak delapan besar adalah Irak, yang di waktu bersamaan meraih kemenangan 2-0 atas Palestina.

Di babak perempat-final, Jepang akan menghadapi Uni Emirat Arab. Sedangkan, Irak akan ditantang Iran.

Jepang, yang tampil dengan kekuatan terbaiknya, begitu mendominasi pertandingan. Upaya keras skuat asuhan Javier Aguirre akhirnya membuahkan hasil pada menit 24. Berawal dari tendangan keras Shinji Okazaki, bola masih bisa dibendung kiper Jordania Amer Shafi.

Bola liar justru mengarah kepada Keisuke Honda, yang langsung menyontek bola ke gawang Jordania. Jepang memimpin 1-0.

Untuk mengejar ketinggalan, pelatih Jordania Ray Wilkins melakukan sejumlah pergantian pemain. Tapi dominasi permainan masih dipegang Jepang.

Jepang memperbesar keunggulan berkat gol Shinji Kagawa. Skor 2-0 untuk Jepang tetap bertahan hingga laga usai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Runner-up Grup

Di tempat lain Irak juga memastikan diri lolos ke babak perempat-final Piala Asia 2015, setelah menaklukkan Palestina 2-0 pada laga di Stadion Canberra.

Di perempat-final, Irak akan bertemu Iran pada 23 Januari nanti. Sebaliknya, Palestina harus rela tersingkir lantaran hanya menempati posisi juru kunci.

Irak lebih banyak menguasai permainan sejak menit awal. Namun, ketatnya lini pertahanan Palestina membuat peluang yang dimiliki Irak bisa dimentahkan.

Younis Mahmoud akhirnya mampu membuka skor untuk Irak ketika laga baru masuk menit ke-47. Sundulannya yang menyambut umpan sepak pojok berhasil membobol gawang Palestina.

Irak akhirnya menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat tendangan keras Ahmed Yaseen Gheni pada menit ke-89.  Hingga laga usai skor tetap 2-0 untuk Irak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini