Sukses

Skenario Peluang 4 Tim Lolos Fase Grup SCM Cup 2015

Baru ada dua klub dari dua grup yang telah memastikan lolos ke babak perempat final. Mereka adalah Sriwijaya FC dan Arema Cronus.

Liputan6.com, Jakarta Turnamen pra musim Surya Citra Media (SCM) Cup telah memasuki putaran terakhir babak penyisihan grup. Namun, baru ada dua klub dari dua grup yang telah memastikan lolos ke babak perempat final. Mereka adalah Sriwijaya FC (Grup A) dan Arema Cronus (Grup B).

Masih ada satu jatah tiket lagi yang bisa diperebutkan beberapa tim di grupnya masing-masing. Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta yang menghuni Grup A masih memiliki kans untuk saling sikut merebut satu tiket tersisa. Sementara Semen Padang yang mengalami dua kali kekalahan dengan koleksi 0 poin sudah dipastikan tertutup peluangnya untuk menembus babak perempat final SCM Cup 2015.

Kemenangan yang wajib diraih Persebaya dan Persija di laga terakhir memang menjadi suatu yang krusial. Persebaya yang mengoleksi empat poin hasil dari satu kali menang dan satu kali kalah akan menghadapi sang pemuncak klasemen Grup A, Sriwijaya.

Tambahan kontra Laskar Wong Kito akan membuat Bajul Ijo memiliki poin tujuh dan lolos ke babak perempat final sebagai juara grup. Namun, jika saja Persebaya hanya bermain imbang, skuat asuhan Ibnu Grahan ini juga dipastikan lolos karena mengoleksi poin lima yang berarti sudah tak akan mampu dikejar oleh Macan Kemayoran.

Sementara itu bagi Persija, menang di laga terakhir menghadapi Semen Padang akan membuat anak asuh Rahmad Darmawan ini mengoleksi poin maksimal empat.

Namun, hal tersebut belum bisa dipastikan aman untuk lolos karena jika Persebaya kalah pun selisih gol mereka masih kalah dari Bajul Ijo yang punya selisih gol plus 1. Jadi Persija harus meraih kemenangan dengan minimal tiga gol untuk bisa memastikan diri berlaga di perempat final.

Beralih ke Grup B, Arema Cronus yang meraih poin enam dari dua kemenangan sudah dipastikan lolos. Jatah satu tiket di Grup B masih akan diperebutkan Persipura Jayapura dan Persela Lamongan yang sama-sama mengoleksi poin tiga.

Persipura akan menghadapi Arema di laga terakhir Grup B. Jika, Mutiara Hitam berhasil mengalahkan Arema dan Persela takluk dari Mitra Kukar maka Persipura akan menemani Arema melaju ke perempat final. Namun, jika Persipura kalah dan Persela menang, maka Laskar Joko Tingkir yang berhak mengantongi tiket ke babak perempat final.

Hal berbeda jika kedua tim sama-sama meraih kemenangan maka kedua tim akan meraih enam poin. Namun, Persipura diuntungkan karena memiliki selisih gol plus dua dan juga keunggulan head to head.

Jadi, jika perhitungan selisih gol yang digunakan, Persela harus menang diatas tiga gol dari Mitra Kukar dan Persipura hanya menang dengan satu gol atas Arema.

Lantas, bagaimana skenario lolos 4 tim tersebut dari fase grup, lanjut ke halaman berikutnya>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Skenario Grup A dan Grup B

Skenario Grup A

1. Persebaya lolos jika menang atas Sriwijaya dan Persija kalah dari Semen Padang.

2. Persebaya lolos jika bermain imbang dengan Sriwijaya dan Persija menang atas Semen Padang.

3. Persija lolos jika menang atas Semen Padang dengan tiga gol dan Persebaya kalah dari Sriwijaya.

Skenario Grup B

1. Persipura lolos jika menang atas Arema dan Persela kalah dari Mitra Kukar.

2. Persipura lolos jika imbang dengan Arema dan Persela kalah dari Mitra kukar.

3. Persipura lolos jika menang atas Arema dan Persela menang dari Mitra Kukar (Persela kalah head to head).

4. Persela lolos jika menang atas Mitra Kukar dan Persipura kalah dari Arema.

5. Persela lolos jika imbang dengan Mitra Kukar dan Persipura kalah dari Arema

6. Persela lolos jika menang dengan Mitra Kukar dengan empat gol dan Persipura menang dari Arema dengan satu gol.

Baca juga:

Tak Sanggup Bayar Gaji, Juventus Siap Lego Pogba

RD Kritik Penalti Persebaya

Lagi, Duo Milan Rebutan Pemain Gratis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.