Sukses

Rooney Terbaik di Inggris

Mengemas lima gol dari delapan laga, Wayne Rooney memperoleh apresiasi tersendiri. Publik Inggris mendaulat striker Timnas Inggris dan Manchester United ini sebagai Pemain Terbaik. Gelar yang tidak membuat Rooney mengurangi agresifitas bermain.

Performa Wayne Rooney yang terhitung ‘bandel’ di Timnas Inggris ternyata lebih bersinar ketika ditangani Fabio Capello. Rooney tampil delapan kali dari 10 pertandingan yang dimainkan. Rooney juga tampil tajam dengan mengemas lima gol di pertandingan kompetitif, belum termasuk dua gol ke gawang Slovakia dalam partai persahabatan Sabtu (28/3) lalu.

Performa Rooney mendapat apresiasi tersendiri. Publik Inggris atau lebih tepatnya fans The Three Lions, mendaulat striker Manchester United itu sebagai Pemain Terbaik Inggris 2008. Hasil dari voting yang diluncurkan situs resmi FA menempatkan Rooney tepat di atas Gareth Barry, satu-satunya pemain yang tidak pernah absen dalam 10 laga. Sedangkan di tempat ketiga dihuni winger Arsenal, Theo Walcott.

Rooney sumringah. “Saya sangat senang memenangkan penghargaan ini. Terutama karena suara datang langsung dari fans Inggris. Di samping itu, saya tidak akan mungkin bermain baik kalau tidak mendapat dukungan dari rekan-rekan setim, Fabio Capello dan tim pelatih,” kata Rooney kepada Guardian.

Rooney juga bermain baik di level klub. Ia mencetak gol penentu kemenangan MU di final Piala Dunia Antarklub di Jepang, Desember lalu. Selain membawa pulang trofi, Rooney juga menggondol predikat Pemain Terbaik dan top skorer. Gelar setelah merenggut gelar juara kedua Liga Premier dan pertama di Liga Champions.

Kontra Ukraina dalam kualifikasi Piala Dunia 2010 di Wembley Stadium, Rabu (1/4) besok, menjadi pijakan spesial buat Rooney. Partai kelima di Grup 6 Zona Eropa itu akan menjadi partai ke-50 buat Rooney di level internasional. Namun meski merebut hati fans, Rooney tidak mau lembek. Ia menyatakan tidak akan mengubah gaya bermainnya yang agresif.

“Saya frustasi tapi permainan agresif merupakan bagian yang tidak terpisahkan,” cetus Rooney yang selalu mencetak gol di empat partai terakhir Inggris. "Hasrat menggebu untuk menang membuat saya bermain seperti itu. Jika hilang, saya tidak lagi Rooney. Bicara jujur, saya paling benci kekalahan.”

Tiga besar Pemain Terbaik Inggris 2008:
1. Wayne Rooney (Manchester United) 22,2%
2. Gareth Barry (Aston Villa) 19,1%
3. Theo Walcott (Arsenal) 15,9%

Lima Pemain Inggris Terbaik lima tahun terakhir:
2007: Steven Gerrard
2006: Owen Hargreaves
2005: Frank Lampard
2004: Frank Lampard
2003: David Beckham

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.