Sukses

10 Fakta Menarik Hattrick Lionel Messi dengan Barcelona

Messi tercatat pernah cetak hattrick pakai kaki kanan. Seperti apa?

Liputan6.com, Barcelona: Lionel Messi genap mencetak 30 hattrick dengan Barcelona saat "El Barca" hancurkan Deportivo La Coruna 4-0 di lanjutan La Liga akhir pekan lalu. Total, Messi sudah mencetak 32 hattrick sepanjang kariernya bersama Barcelona dan timnas Argentina.

Hattrick pertama Messi terjadi pada 10 Maret 2007 saat masih berusia 19 tahun. Hattrick tersebut sangat spesial karena berhasil dilakukannya melawan Real Madrid di Camp Nou.

Setelah itu, hattrick-hattrick Messi terus bermunculan hingga akhirnya mencapai 30 hattrick. Apa saja fakta menarik dari 30 hattrick Messi? Berikut detailnya seperti dikutip situs resmi Barcelona dan dirangkum dalam 5 halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Semua Kompetisi

Semua Kompetisi

1. Semua kompetisi: Lionel Messi tak pernah luput mencetak hattrick di kompetisi manapun. Dia mencetak hattrick 22 kali di La Liga, 5 kali di Liga Champions, 2 kali di Piala Raja dan 1 kali di Piala Super Spanyol. Dia mencetak 19 kali hattrick di Camp Nou, 11 kali di laga tandang.

2. Penentu Kemenangan: Jika Messi mencetak hattrick, Barcelona selalu menang. Kecuali saat mencetak hattrick pertama di 2007, dia hanya mampu membuat Barcelona imbang 3-3 lawan Real Madrid.

Begini ekspresi Lionel Messi saat cetak hattrick pertama lawan Madrid (afp)

3 dari 6 halaman

Lebih Tiga Gol

Lebih Tiga Gol

3. Tiga Klub Terbanyak Dibobol Hattrick Messi: Ada tiga klub yang paling banyak dibobol hattrick Messi yaitu Osasuna, Valencia dan Atletico Madrid. Ketiganya sudah dihajar hattrick Messi sebanyak tiga kali. Sedangkan klub yang sudah dibobol hattrick Messi dua kali yaitu Real Madrid, Malaga, Espanyol dan Deportivo.

4. Cetak 4 dan 5 gol: Messi cetak lebih dari tiga gol sebanyak lima kali di sepanjang kariernya. Klub yang pernah dibobol 4 kali oleh Messi yaitu Arsenal, Valencia, Espanyol dan Osasuna. Sedangkan satu klub yang pernah dibobol Messi 5 kali yaitu Bayer Leverkusen di Liga Champions.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/799349/big/033071200_1421920798-messi_leverkusen.jpg

4 dari 6 halaman

Hattrick Beruntun

Hattrick Beruntun

5. Kemenangan "Gila': Hatrick-hattrick Messi terjadi di beberapa pertandingan yang berakhir dengan skor kemenangan telak untuk Barcelona, diantaranya kemenangan 8-0 atas Almeria dan 7-0 atas Osasuna di Camp Nou.

6. Hattrick Beruntun: Messi sudah mencetak hattrick beruntun atau back to back sebanyak 4 kali. Salah satu yang fenomenal yaitu ketika Messi cetak tiga gol lawan Malaga, lalu pekan berikutnya cetak 4 gol ke gawang Espanyol jelang akhir musim 2011/12.

5 dari 6 halaman

Pecahkan Rekor

Pecahkan Rekor

7. Jarang penalti: Hanya 6 kali dari 30 hattrick Messi berasal dari titik penalti. Tiga dari hattrick Messi diisi satu penalti. Tiga lainnya diisi dua kali penalti.

8. Pecahkan rekor: Dua hattrick Messi cukup bersejarah karena mampu pecahkan rekor. Pertama saat dia cetak hattrick ketika Barcelona menang 5-1 atas Granada 20 Maret 2013. Dia pecahkan rekor gol terbanyak di Barcelona yang dipegang Cesar. Lalu hattrick pada 22 November 2014 (Barca menang 5-1 atas Sevilla) dimana dia mampu lewati torehan gol terbanyak sepanjang sejarah La Liga yang dipegang Telmo Zarra.

6 dari 6 halaman

Kaki Kanan

Kaki Kanan

9. Kaki kanan: Messi cetak hattrick spesial lawan APOEL pada November 2011 karena dia mencetak tiga gol lewat kaki kanan. Sesuatu yang jarang dilakukannya.

10. Siapa korban ke-20? Sampai sekarang, Messi sudah mencetak hattrick di 19 klub berbeda. 4 tim yang belum pernah dibobol hattrick Messi yaitu Elche, Villarreal, Athletic Bilbao dan Levante.

Baca juga:

Ini Dia Transfer Pertama Chelsea di Januari

5 Presenter Cantik yang Kecantol Gocekan Maut Pesepak Bola

Bintang Porno Telanjang Dada Cuci Motor Pereli Dakar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini