Sukses

Piala Asia 2015: UEA Singkirkan Jepang dalam Drama Adu Penalti

Uni Emirat Arab lolos ke babak semifinal setelah mengalahkan Jepang dengan skor 5-4.

Liputan6.com, Sydney - Uni Emirat Arab (UEA) lolos ke babak semifinal setelah mengalahkan Jepang dengan skor 5-4 di Anz Stadium, Sydney, Australia, Jumat (23/1/2015) sore WIB. Kedua tim sebelumnya bermain imbang hingga 120 menit.

UEA mencetak gol cepat pada menit ketujuh.  Berawal dari umpan Amer Abdulrahman dari sisi kanan pertahanan Jepang, tendangan Ali Ahmed Mabkhout tidak bisa ditepis kiper Jepang, Kawashima.

Jepang sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-80 setelah kombinasi apik dua pemain Jepang akhirnya berbuah hasil usai sepakan keras Shibasaki mampu menembus gawang UAE. Kedudukan pun berubah menjadi 1-1 dan harus dilanjutkan dengan babak tambahan.

Di babak tambahan 2x15, kedua kesebelasan saling silih berganti melakukan serangan. Tapi, hingga babak tambahan kedua berakhir tidak ada gol tercipta. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu tendangan penalti.

Dalam drama adu penalti, UEA menang 5-4. Dua eksekutor Jepang, Keisuke Honda dan Shinji Kagawa gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Di babak semifinal, UEA bakal menantang tim tuan rumah, Australia, 27 Januari mendatang.

Hasil tendangan penaliti:

Jepang: Keisuke Honda, gagal.

UEA: Omar Abdulrahman, gol.

Jepang: Makoto Hasebe, gol.

UEA: Ali Ahmed Mabkhout, gol.

Jepang: Shibasaki, gol

UEA: Khamis Esmail, gagal.

Jepang: Toyoda, gol.

UEA: Majed Hassan, gol.

Jepang: Morishige, gol.

UEA: Habib Fardan, gol.

Jepang: Shinji Kagawa, gagal.

UEA: Ismail Ahmed, gol.

Susunan pemain:

Jepang: Kawashima, Morishige, Yoshida, Nagatomo, Sakai, Endo (Shibasaki 54'), Hasebe, Inui (Muto 46'), Kagawa, Okazaki (Toyoda 65'), Honda

UEA: Naser, Ahmad, Husain, Salem, Sanqour, Al Hamadi, Omar Abdulrahman, Amer Abdulrahman (Majed Hassan 54'), Khamis, Khalil (Habib Fardan 58'), Ali Mabkhout.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.