Sukses

Dua Maestro Pelatih Inisial "JG & JM" di Mata Fabregas

Fabregas merasakan sentuhan dua "otak sukses" di lapangan hijau itu.

Liputan6.com, London - Gelandang bertahan Chelsea,  Cesc Fabregas menilai dua pelatih top Eropa, Josep Guardiola dan Jose Mourinho memiliki kesamaan. Pola pikir kedua pelatih itu mirip-mirip.

Fabregas merasakan  sentuhan dua maestro lapangan hijau itu. Di Barcelona periode 2011-2014, Fabregas sempat dilatih Guardiola; sang pelatih tersukses Blaugrana. Kini di Chelsea, pemain yang identik dengan nomor 4 itu berkolaborasi dengan manajer berjuluk The Special One itu.

Bersama Barcelona, tercatat Guardiola memberi Barcelona 13 trofi. Termasuk membawa Barcelona meraih treble-winners di musim pertama. Di Bayern Muenchen, Guardiola sukses merebut gelar Bundesliga, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub. Semua diraih musim 2013-14.

Tidak kalah mencolok, Mourinho berhasil mempersembahka tiga gelar sekaligus bersama Inter Milan 2010 lalu. Orang Portugal itu juga menjadi pelatih yang sukses merebut gelar liga di empat negara berbeda: Portugal, Inggris, Italia dan Spanyol.

"Mereka memiliki kesamaan lebih dari yang dipikirkan orang," kata mantan kapten Arsenal itu dilansir dari media Prancis, El Pais.

Selama ini, Guardiola dan Mourinho dianggap pelatih terbaik. Raihan rekor dan trofi yang berhasil diberikan dua juru taktik itu membuat keduanya selalu dibandingkan. Tapi Fabragas memandang dari sudut berbeda.

"Jangan terlalu berpikir, mereka tampak berbeda. Saya pikir, mereka memiliki satu hal yang wajar, yaitu selalu ingin menjadi pemenang."

Di mata pemain asal Spanyol itu, baik Guardiola dan Mourinho sama-sama membenci kekalahan. Fabregas menepis anggapan, kalau Mourinho cenderung memainkan strategi negatif. Sebaliknya, dia berusaha menampilkan sepakbola atraktif.

"Dia selalu meminta kami memperlihatkan hal itu. Kami tidak melulu terus bertahan dan menunggu bola, tapi bermain terbuka dan menyerang,"  ucap Fabregas.

Fabregas melanjutkan, instruksi yang diberikan Guardiola tidak jauh berbeda. "Meskipun metode kerja mereka tidak persis sama."

Baca Juga:

Ronaldo Hajar Pemain Cordoba, Ini Reaksi Ancelotti

Tukar Jersey dengan Ronaldo, Pemain Klub Ini Bakal Kena Denda

Hasil dan Klasemen La Liga Setelah Madrid dan Barcelona Menang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.