Sukses

Sundulan Maut Ivanovic Bawa Chelsea ke Final Capital One Cup

Liputan6.com, London - Chelsea akhirnya memastikan diri melangkah ke final Capital One Cup setelah mengalahkan Liverpool 1-0, Selasa (27/1/2015) atau Rabu dini hari WIB. Gol tunggal The Blues diciptakan oleh Branislav Ivanovic di babak extra time.

Kedua tim langsung tampil saling serang di awal laga babak pertama. Meski demikian hingga lima menit laga berjalan belum ada peluang emas tercipta.

Tensi pertandingan mulai memanas pada menit ke-11. Diego Costa terlihat menginjak kaki Emre Can di sisi lapangan sehingga membuat beberapa pemain bersitegang sebelum wasit memisahkan.

Sterling mendapat peluang pertama pada menit ke-16. Namun striker timnas Inggris itu terlalu egois dan terlambat memberikan umpan pada Steven Gerrard yang berdiri bebas di dekat kotak penalti. Akibatnya bek Chelsea pun bisa mengamankan bola.

Semenit kemudian giliran Chelsea yang punya peluang. Tapi umpan silang keras Branislav Ivanovic sukses ditangkap Simon Mignolet.

Diego Costa terlihat dijatuhkan Martin Skrtel di dalam kotak penalti pada menit ke-22. Namun wasit memutuskan tidak memberikan pelanggaran pada Chelsea.

Pada menit ke-26, Liverpool punya peluang melalui Alberto Moreno. Sayangnya sontekan pemain asal Spanyol itu di dalam kotak penalti memanfaatkan umpan terobosan Gerrard masih bisa digagalkan Thibaut Courtois.

Courtois kembali jadi penyelamat pada menit ke-29. Tendangan keras mendatar dari Phillipe Coutinho dari dalam kotak penalti sukses dimentahkannya sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Chelsea punya peluang lagi pada menit ke-77. Sayangnya tendangan bebas Oscar menyamping sedikit dari gawang Liverpool yang dikawal Mignolet.

Kedua tim tetap tampil dengan tempo tinggi hingga akhir babak pertama. Tapi belum ada peluang yang menghasilkan gol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua dan Extra Time

Sama seperti babak pertama, tempo permainan di babak kedua juga langsung tinggi sejak peluit dibunyikan wasit. Kedua tim terus mencari celah untuk menyerang dan menciptakan peluang.

Tiga menit laga berjalan Martin Skrtel nyaris membuat gol bunuh diri. Beruntung sepakannya mengantisipasi umpan silang Eden Hazard masih melambung di atas gawang Simon Mignolet.

Laga kembali memanas pada menit ke-53. Untuk kesekian kalinya Skrtel harus beradu mulut dengan Diego Costa.

Hazard kembali membuat pertahanan Liverpool kocar-kacir pada menit ke-58. Sayangnya tendangan keras pemain asal Belgia itu menyamping tipis dari gawang Mignolet.

Costa punya peluang emas bagi Chelsea dua menit kemudian. Tapi penyelamatan gemilang oleh Mignolet menggunakan kakinya membuat tendangan pemain timnas Spanyol itu menjadi sia-sia. Padahal bola sempat berbelok arah mengenai Skrtel.

Mignolet kembali menjadi benteng penyelamat Liverpool pada menit ke-64. Kali ini ia membuat penetrasi Costa di dalam kotak penalti menjadi gagal meski sudah tidak ada pengawalan bek Liverpool.

Ramires yang masuk menggantikan Cesc Fabregas di babak kedua mencoba melakukan tendangan jarak jauh pada menit ke-68. Namun spekulasinya sia-sia karena bola tak mengarah ke gawang.

Pertarungan sengit terus terjadi di lini tengah. Kedua tim terus bergantian melancarkan serangan hingga menit akhir laga. Namun belum ada gol tercipta sehingga laga harus dilanjutkan ke perpanjangan  waktu.

Liverpool punya peluang pertama di babak extra time melalui Mario Balotelli. Namun sepakan pemain timnas Italia itu jauh melambung di atas gawang Thibaut Courtois.

Chelsea akhirnya mencetak gol pada menit ke-94. Sundulan Branislav Ivanovic memanfaatkan tendangan bebas Willian tak mampu dibendung pertahanan Liverpool. Tuan rumah pun unggul 1-0.

Liverpool langsung bereaksi setelah tertinggal. Namun peluang Jordan Henderson 10 menit di waktu extra time hanya menyamping tipis di samping gawang Chelsea.

Meski terus saling serang, hingga extra time babak pertama, Chelsea tetap unggul 1-0. Pertandingan pun terus berlanjut ke extra time babak kedua.

Liverpool terus menekan pada extra time babak kedua. Namun beberapa peluang yang dimiliki Balotelli dan Rickie Lambert tak mampu dimanfaatkan dengan baik.

Chelsea pun sukses melaju ke final Piala Capital One yang akan digelar di Wembley pada 1 Maret mendatang.

Chelsea (4-2-3-1): Courtois; Ivanovic, Zouma, Terry, Filipe Luis/ Azpilicueta (78); Matic, Fabregas/ Ramires (50); Willian/ Drogba (119), Oscar, Hazard; Diego Costa.

Liverpool (3-5-1-1): Mignolet; Can, Skrtel, Sakho/ Johnson (57); Markovic/ Balotelli (70), Henderson, Gerrard, Lucas, Moreno/ Lambert (105); Coutinho; Sterling.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.