Sukses

5 Pemain Asal Pilih dari Sir Alex Ferguson

Dibalik tangan dingin membesarkan nama dan bakat pemain, ternyata Sir Alex Ferguson juga kerap melakukan transfer asal-asalan.

Liputan6.com, Manchester - Mantan Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia yang pernah ada. Namun ternyata ada beberapa pembelian Ferguson yang justru sangat kacau bahkan cenderung gagal total. Berikut adalah lima pemain asal pilih dari Ferguson.

Ferguson memang dikenal sebagai pelatih yang bertangan dingin dalam mengembangkan bakat seorang pemain. Banyak pemain yang tadinya tak dikenal justru menjadi bintang saat berada di asuhan Fergie (sapaan akrab Ferguson).

Eric Cantona, David Beckham, hingga Cristiano Ronaldo merupakan beberapa nama yang tadinya tak dikenal publik justru menjadi bintang sepak bola saat berseragam MU. Bahkan nama-nama tersebut banyak mempersembahkan gelar saat berkarier di MU.

Namun sayangnya, dibalik kehebatan Ferguson ternyata justru ada pembelian yang sama sekali tak memberi kontribusi. Bahkan bisa dibilang ini merupakan pembelian asal dari Ferguson saat melakukan aktivitas transfer.

Terkait itu, Liputan6.com berusaha merangkum lima pembelian asal Ferguson saat menangani MU:

Lanjut ke halaman selanjutnya---->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kleberson

1. Kleberson

Sir Alex Ferguson mendatangkan Kleberson pada 12 Agustus 2003 dengan dana sebesar 6.5 juta pounds. Didatangkan dari Atletico Parananese, Kleberson rencananya akan didaulat sebagai pengganti Juan Sebastian Veron yang sudah tak muda lagi.

Alih-alih jadi suksesor Veron, Kleberson justru mengalami cedera saat melakoni pertandingan keduanya bersama MU. Cedera tersebut yang tampaknya membuat kiprah Kleberson bersama MU tak berjalan mulus. Ia akhirnya hengkang dari MU dengan mengemas 20 pertandingan dan mencetak dua gol.

3 dari 6 halaman

Eric Djemba-Djemba

2. Eric Djemba-djemba

Gelandang asal Kamerun ini datang ke Manchester United tanpa diketahui kiprahnya. Alex Ferguson memutuskan mengontrak Djemba-djemba dengan dana 3,5 juta pounds pada 2003.

Didapuk sebagai pengganti Roy Keane, Djemba-djemba yang diboyong dari klub Ligue 1 Nantes ternyata gagal total bersama MU. Tercatat ia hanya mengemas 20 pertandingan tanpa sekalipun mencetak gol untuk MU. Ia akhirnya hengkang dari MU pada tahun 2005 dan kariernya semakin tak jelas.

Kini, Djemba-djemba pun terdampar di kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Indonesia Super League (ISL) dengan bergabung bersama Persebaya Surabaya.

4 dari 6 halaman

Massimo Taibi

3. Massimo Taibi

Kiper asal Italia, Massimo Taibi merupakan salah satu kiper asal pilih dari Sir Alex Ferguson. Bagaimana tidak, Taibi direkrut dari klub gurem Italia, Venezia dengan mahar sebesar 4,5 juta pounds untuk menggantikan posisi Peter Schmeichel.

Namun, apa mau dikata, Taibi justru gagal total dengan hanya mengemas empat pertandingan selama berseragam MU. Ia akhirnya dilepas ke Reggina setelah dianggap tak memberikan kontribusi signifikan untuk MU.

5 dari 6 halaman

Bebe

4. Bebe

Bebe merupakan salah satu bukti Sir Alex Ferguson kadang melakukan aktivitas transfer dengan asal-asalan. Pemain bernama lengkap Tiago Manuel Dias Correia ini didatangkan dari klub gurem Portugal, Vitoria de Guimaraes. Kedatangan Bebe ke Theatre of Dream membuat banyak orang pesimistis Bebe bisa bersinar bersama MU.

Betul saja, selama berseragam MU, Bebe hanya berhasil mengemas dua pertandingan dengan Setan Merah. Ia pun akhirnya dipinjamkan ke Besiktas sebelum akhirnya pindah secara permanen ke Benfica pada tahun 2014. Bebe kini bermain di klub Spanyol, Almeria.

6 dari 6 halaman

Michael Owen

5. Michael Owen

Sir Alex Ferguson memutuskan mendatangkan Michael Owen saat sudah berada di ujung kariernya. Hasilnya, kontribusi yang signifikan pun tak bisa diberikan mantan penggawa Real Madrid ini.

Tercatat, Owen hanya berhasil mengemas lima gol dan lebih banyak duduk dibangku cadangan selama berseragam MU.

Baca Juga:

Van Gaal Jadi Dalang MU Runtuhkan Rezim Ferguson

6 Pemain Brasil yang Hancur di Usia Produktif

Daftar Lengkap Transfer Januari 20 Klub Liga Inggris

Jose Mourinho Tendang 1 Tim Chelsea di Bursa Transfer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.