Sukses

Tristan Alif, Bocah Ajaib yang Bikin Ajax dan Feyenoord Berebut

Tristan bikin nama Indonesia harum di negeri orang.

Liputan6.com, Jakarta - Diam-diam bocah ajaib Tristan Alif Naufal mengharumkan nama Indonesia di negeri orang. Hal itu tidak lepas dari prestasi yang diraih bocah yang dijuluki "Messi Indonesia" ini. Teranyar, Tristan dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) pada Ajax Academy Summer Camp 2014.

Bocah berusia 10 tahun ini mengalahkan 250 anak dari 20 negara yang ikut di ajang ini. Alif pun mengikuti jejak bintang besar Belanda macam Patrick Kluivert, Klaas-Jan Huntelaar, dan Robin van Persie yang besar dari turnamen untuk anak usia 8-16 tahun ini.

Gara-gara bakat besarnya pula, dua klub papan atas Belanda Ajax dan Feyenoord Rotterdam kepincut untuk meminangnya. Ajax sempat nekat dengan membiarkan Alif berlatih di akademi mereka hanya saja hal ini tercium oleh FIFA.

Akhirnya, Ajax mencari cara agar Tristan bisa tetap berlatih di Belanda tanpa terbentur regulasi FIFA terkait Pemain Muda Non Uni Eropa.

Jalan keluar pun didapat, Tristan akan berlatih di tim amatir yang berafiliasi dengan Ajax. Namun, belum juga rencana itu berjalan pihak Feyenoord menghubungi keluarga Alif.

Klub berjuluk "De Trots van Zuid" juga tertarik kepada Alif. Jalan tengah pun didapat, Alif berlatih dengan Feyenoord setelah berkomunikasi dengan Ajax.

Bersambung ke halaman berikutnya -->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

"Saat itu baru seminggu berlatih bersama Ajax U-12, Ajax dapat surat dari KNVB (federasi sepak bola Belanda) dari UEFA dan FIFA. Isinya bertanya status Alif di tim ini," ujar Ivan Trianto, ayah Alif saat berbincang dengan Liputan6.com.

"Saat mau dilempar ke klub amatir, pihak Feyenoord kontak saya. Akhirnya Ajax dan Feyenoord cari jalan keluar terbaik dan diputuskan Alif berlatih di Feyenoord, yang tidak banyak kena sorotan FIFA. Alif bukan hanya latihan di Feyenoord, tapi juga ikut turnamen tidak resmi," ia menambahkan.

Terkait status Alif, Ivan mengaku belum ada yang diputuskan. Meski begitu, ia mengungkapkan Alif lebih cenderung memilih Ajax ketimbang Feyenoord, klub yang jadi tempatnya berlatih pada September 2014 lalu.

"Kalau soal kemampuan Alif, pihak Ajax sudah tahu. Jadi, tidak perlu ada trial lagi, tapi kami harus punya izin tinggal lebih dahulu di sana," ia menuturkan.

Baca juga :

6 Pemain Brasil yang Hancur di Usia Produktif

Betah Bersama MU, De Gea Ogah Gabung Real Madrid

Operasi Plastik Gagal, 'Selingkuhan' CR7 Berakhir di Kursi Roda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini