Sukses

6 Aksi Blunder Barcelona di Bursa Transfer

Seperti klub lain, Barcelona kerap salah dalam membeli pemain baru.

Liputan6.com,Barcelona: Barcelona terkenal dengan pembinaan pemain mudanya di La Masia. Sederet nama beken yang bersinar sekarang seperti Jordi Alba, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Gerard Pique dan Lionel Messi merupakan bukti sahih suksesnya pembinaan pemain muda Indonesia.

Tapi Barcelona juga tidak lupa untuk memboyong pemain bintang dari luar La Masia. Ada beberapa nama yang berhasil melambung dengan Barcelona seperti Ronaldinho, Ronaldo da Lima atau Deco de Souza.

Itu berkat kejelian Barcelona dalam membeli pemain di bursa transfer. Namun di sepanjang sejarahnya atau paling tidak dalam satu dekade terakhir, Barcelona tak jarang lakukan blunder di bursa transfer. Apa saja blunder tersebut? Berikut detailnya terangkum di 6 halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1

1. Alexander Hleb

Ini boleh jadi salah satu transfer teraneh di Barcelona dalam satu dekade terakhir. Diboyong dari Arsenal pada 2008 lalu dengan transfer 17 juta euro, Hleb hanya mampu tampil 19 kali untuk Barcelona selama 4 musim.

Selama di Barcelona, Hleb lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Winger asal Rusia ini pun akhirnya diputus kontrak pada Januari 2012 dan dilepas ke klub Rusia, Krylia Sovetov Samara.

3 dari 7 halaman

2

2. Dmytro Chygrynskiy

Lagi pembelian aneh yang dilakukan oleh Barcelona. Awalnya, Barcelona terpukau oleh penampilan bek asal Ukraina ini dengan Shakhtar Donetsk. Dia pun dibeli untuk menjadi pelapis Carles Puyol atau Gerrard Pique.

Dibeli dengan transfer 25 juta euro, bek berusia 28 tahun ini ternyata menjadi pemain sia-sia. Dia hanya tampil 12 kali selama semusim. Pada 6 Juli 2010, Chygrynskiy akhirnya dijual kembali ke Shakhtar Donetsk dengan transfer 15 juta euro.

4 dari 7 halaman

3

3. Samuel Eto'o

Ini memang bukan aksi pembelian, tapi malah penjualan di bursa transfer. Samuel Eto'o yang sedang bagus-bagusnya di Barcelona malah dibarter demi mendapatkan striker Inter Milan, Zlatan Ibrahimovic pada musim 2009/10.

Blunder bagi Barcelona, Eto'o malah membantu Inter Milan menjuarai Liga Champions dan dua gelar lain yaitu seri A dan Coppa Italia yang saat itu masih ditangani oleh Jose Mourinho.

Harga Ibra yang mahal harus ditebus dengan melepas Eto'o plus uang 46 juta euro. Ternyata, Ibrahimovic hanya bertahan satu musim saja di Barcelona dan diboyong Milan pada musim 2010/11.

5 dari 7 halaman

4

4.Yaya Toure

Saat melepas Yaya Toure ke Manchester City di musim 2010/11, Barcelona dalam posisi dilematis. Ini seiring dengan membaiknya penampilan Sergio Busquets sebagai gelandang bertahan Barcelona saat itu.

Hanya saja, melepas Toure di saat itu boleh jadi bukan keputusan yang tepat. Barcelona kehilangan seorang pemain serbabisa yang juga bisa mengisi posisi bek tengah. Tembakan-tembakan keras Toure dari lapangan tengah kerap menjadi senjata Barcelona dalam merebut kemenangan.

Selain itu, Toure menjadi penyaring serangan yang efektif dalam menangkis serangan lawan. Hal itu kurang dijumpai di Barcelona sekarang meski Busquets pun mampu melakoni peran itu dengan baik hingga sekarang.

6 dari 7 halaman

5

5. Alex Song

Ini salah satu pembelian gagal dari Barcelona. Alex Song digadang-gadang menjadi pelapis bagi Sergio Busquets tapi ternyata jarang sekali tampil untuk Barcelona.

Dia hanya tampil di laga-laga kurang penting atau Busquets didera cedera. Musim lalu, dia hanya tampil 12 kali di La Liga sebagai starter. Barcelona pun akhirnya mendepak Song ke West Ham.

Di klub asal London Timur ini, Song bisa kembali mengembangkan kehebatannya ketimbang sekadar menghangatkan bangku cadangan saja.

7 dari 7 halaman

6

6.Alexis Sanchez

Satu lagi blunder transfer dilakukan Barcelona, tepatnya di akhir musim 2013/14 lalu. Barcelona seakan bernafsu untuk memboyong Luis Suarez dari Liverpool. Ini berkat penampilan ciamik pemain yang terkenal dengan aksi gigitnya itu di Liverpool.

Ternyata, pilihan Liverpool salah. Sampai sekarang, Suarez masih melempem dengan Barcelona meski kerap memberikan assist-assist berbahaya buat Barcelona. Sedangkan Alexis terbukti menjadi pemain yang paling dibutuhkan oleh Arsenal sekarang.

Dia mencetak gol untuk seluruh kompetisi yang diikuti Arsenal. Di Liga Premier Inggris, striker asal Cile itu mencetak 12 gol. Sedangkan di Liga Champions, dia sudah mencetak 4 gol.


Baca juga:

6 Pemain Murah Terbaik yang Pernah Dibeli MU

Betah Bersama MU, De Gea Ogah Gabung Real Madrid

Operasi Plastik Gagal, 'Selingkuhan' CR7 Berakhir di Kursi Roda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini