Sukses

Bukti Ketajaman Rooney Menurun Tempati Posisi Gelandang

Musim ini Rooney memainkan peran ganda, sebagai gelandang dan seorang penyerang.

Liputan6.com, Manchester - Kapten Manchester United, Wayne Rooney memiliki tugas yang sedikit berbeda di musim ini. Oleh Louis Van Gaal, pemain berusia 29 tahun itu diberikan peran ganda. Rooney tak hanya ditugaskan menjadi striker. Di beberapa kesempatan, ia juga diharuskan untuk berperan sebagai gelandang.

Hal tersebut didapat Rooney karena MU memiliki dua penyerang papan atas yakni Robin van Persie dan Radamel Falcao. Demi menyempurnakan lini serangnya, Van Gaal menginstruksikan agar Rooney bermain sedikit kebelakang dan melayani dua ujung tombak Setan Merah.

Namun keputusan Van Gaal belum membuahkan hasil yang mengesankan. Saat bermain sebagai gelandang, produktivitas Rooney tercatat menurun.

"Menurut saya, saat ini Wayne Rooney berada dalam posisi yang tidak benar," kritik legenda Liverpool, Jamie Carragher yang kini berprofesi sebagai pengamat sepak bola.

Dari 20 penampilan di Liga Premier Inggris musim ini, 11 di antaranya dilewati Rooney dengan bermain sebagai gelandang. Di kesempatannya tersebut, ia hanya bisa mencetak tiga gol.

Sementara saat berperan sebagai striker, Rooney tercatat lebih produktif. Dari sembilan penampilannya, ia bisa mengukir lima gol.

Lanjut ke halaman berikut --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

"Saya tidak mengatakan dia akan selamanya bermain sebagai gelandang. Semuanya tergantung pada formasi yang kami terapkan. Saat ini saya membutuhkan seorang gelandang yang memiliki kekuatan di kaki kanannya. Menurut saya peran tersebut cocok untuk Rooney," kata Van Gaal pada Sky Sports.

"Saya rasa dia senang meski bermain di lini tengah. Sebab, dia lebih banyak memiliki penguasaan bola. Dia itu tipe pemain yang bisa menempati banyak posisi," ucapnya lagi.

Pernyataan Van Gaal memang mendekati fakta yang ditorehkan sang pemain. Seperti dilansir SkySports, saat menjadi gelandang, Rooney memiliki rata-rata 83 kali sentuhan. Namun ia hanya mampu melepaskan 17 tembakan. Dari jumlah tersebut cuma lima usahanya yang sukses mengarah ke mulut gawang.

Sementara saat menjadi penyerang, pemain bernomor punggung 10 itu bisa melepaskan 26 tembakan dari rata-rata 65 sentuhannya di tiap pertandingan. Catatan ini tentunya memperlihatkan bahwa Rooney lebih cocok ditempatkan di lini depan.

Agresivitas Rooney sebagai striker juga bisa dilihat dari jumlah assist. Di lini depan ia bisa memberikan tiga umpan yang sukses diselesaikan menjadi gol. Sedangkan saat jadi gelandang, Rooney hanya mampu mengukir satu assist.

"Rooney harus kembali ke lini depan. Itulah posisi terbaik untuknya," tegas Carragher.

Baca juga:

Hasil dan Klasemen Serie A : Pekan Positif Roma dan Inter

Video Gol Daley Blind Selamatkan MU dari Kekalahan

Daftar Pemain Sepak Bola yang Pernah Jadi Korban Perampokan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

Video Terkini