Sukses

4 Torehan Sejarah Gemilang AC Milan

Redaksi Liputan6.com coba memaparkan empat torehan gemilang AC Milan di Liga Champions.

Liputan6.com, Milan - AC Milan tengah mengalami situasi sulit. Bahkan dalam dua musim terakhir, I Rossoneri absen berlaga di Liga Champions. Meski begitu, Milan tetaplah salah satu tim paling berprestasi di kompetisi Eropa.

Sejauh ini, I Rossoneri telah mengoleksi tujuh gelar juara Liga Champions. Terakhir kali Milan menjadi kampiun adalah pada musim 2006/07 lalu. Saat itu, skuat Merah-Hitam mampu mengalahkan Liverpool 2-1 di final.

Tujuh titel juara Liga Champions yang dikoleksi oleh Milan adalah yang terbanyak di bandingkan klub-klub Liga Italia Serie A lainnya. Inter Milan dan Juventus masing-masing baru mengumpulkan tiga serta dua trofi.

Sayangnya, pasca melakukan perombakan besar-besaran di akhir musim 2010/11, AC Milan sulit bersaing, baik itu di kompetisi domestik maupun Eropa. Krisis finansial yang menghantam klub makin menyulitkan Milan membangun skuat yang berkualitas.

Alhasil, mereka tidak hanya gagal meraih trofi di Liga Italia Serie A dan Coppa Italia, namun juga tak mampu meraih tiket tampil di Liga Champions. Terakhir kali mereka unjuk gigi di Liga Champions adalah pada musim 2012/13.

Meski tengah terpuruk, namun prestasi Il Diavolo Rosso di Liga Champions tak bisa dipungkiri. Redaksi Liputan6.com coba memaparkan empat torehan gemilang AC Milan di Liga Champions.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Klub Terakhir Italia yang Menjuarai Liga Champions Secara Beruntun

Klub Terakhir Italia yang Menjuarai Liga Champions Secara Beruntun

Diasuh Arrigo Sacchi pada musim 1987 hingga musim 1991, Milan mampu menjadi tim yang ditakuti di kompetisi domestik dan Eropa. Sacchi sukses mengantarkan Milan merengkuh dua gelar juara Liga Champions dua musim berturut-turut pada musim 1989 serta 1990.

Pada final Liga Champions musim 1988/89, skuat Merah Hitam mampu melumat FC Steaua Bucuresti empat gol tanpa balas. Sedangkan di laga puncak musim 1989/90, mereka berhasil memetik kemenangan 1-0 atas Benfica.

3 dari 5 halaman

Salah Satu Klub Paling Sering Tampil di Final

Salah Satu Klub Paling Sering Tampil di Final

AC Milan merupakan salah satu klub yang paling sering berlaga di partai puncak Liga Champions. Selain sukses meraih tujuh gelar juara pada musim 1963, 1969, 1989, 1990, 1994, 2003 dan 2007, I Rossoneri juga empat kali berada di posisi runner-up, yakni musim 1958, 1993, 1995 dan 2005.

Milan hanya kalah dari Real Madrid yang sudah 13 kali tampil di partai final, dimana 10 diantaranya sukses menjadi juara.

4 dari 5 halaman

Tim Italia yang Paling Sering Lolos Fase Grup

Tim Italia yang Paling Sering Lolos Fase Grup

AC Milan memang memiliki prestasi yang kurang impresif di Liga Italia Serie A. Akan tetapi, di Liga Champions, Milan adalah yang terbaik dibandingkan klub-klub Italia lainnya.

I Rossoneri adalah satu-satunya klub di Italia yang paling sering lolos ke fase grup Liga Champions, yakni sebanyak 29 kali. Dari 29 kali kesempatan, tujuh diantaranya berhasil meraih gelar juara.

5 dari 5 halaman

Koleksi Trofi Paolo Maldini Lebih Banyak Ketimbang Barcelona

Koleksi Trofi Paolo Maldini Lebih Banyak Ketimbang Barcelona

Paolo Maldini adalah legenda hidup AC Milan. Membela Milan selama 25 musim berbagai gelar juara sukses direngkuh oleh Maldini termasuk lima gelar juara Liga Champions. Kelima trofi itu didapat Maldini pada musim 1988/89, 1989/90, 1993/94, 2002/03 dan 2006/07.

Uniknya, perolehan gelar juara Maldini di ajang Liga Champions ternyata lebih banyak dibandingkan klub-klub besar Eropa, seperti Barcelona (4 gelar), Ajax Amsterdam (4 gelar), Manchester United (3 gelar) dan Inter Milan (3 gelar). (Rizki Hidayat).

Baca Juga:
Samson, Bomber 'Pembunuh' Persib Bandung
Gagal ke Liga Champions, Ini Jadwal Persib di AFC Cup
Saksikan Live Streaming MU vs Burnley di Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Serie A Italia dengan raihan 18 trofi
    Associazione Calcio Milan adalah klub sepak bola Italia yang berbasis di Milan, Lombardia. AC Milan bermain di Serie A.

    AC Milan

Video Terkini